DEMAK, Mediajateng.net – Memulai aktifitas sebagai Komandan Kodim 0716 Demak yang baru, Letkol Infantri Abi Kusnianto langsung tancap gas. Dandim yang dikenal ramah itu, tak henti-hentinya turun ke masyarakat menjalin silaturahmi dengan para agama dan tokoh masyarakat.

Silaturahmi Dandim Abi yang membawa serta perwira dan jajarannya kepada sejumlah tokoh agama dan masyarakat di Demak tersebut, dalam rangka memperkenalkan diri, menjalin hubungan personal yang lebih baik dan membangun kemitraan.

Sebagaimana yang dilakukan Dandim Abi yang memilih mengunjungi Pondok Pesantren Futuhiyah, Mranggen pada Selasa (12/12). Rombongan diterima langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyah KH. Muhammad Hanif Muslih Lc. di kediamannya.

Pertemuan berlangsung penuh kekeluargaan dan keakraban. Hal ini terlihat dari keceriahan pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyah KH. Muhammad Hanif Muslih.Lc dalam melakukan perbincangan dengan Dandim Abi selama hampir satu jam.

“Peran ulama memiliki pengaruh yang sangat besar dan penting dalam menyukseskan setiap program pembangunan, terutama di Kabupaten Demak ini,” kata Letkol Abi.

Menurut pengalamannya bertugas di berbagai daerah, termasuk di Demak yang identik dengan sebutan Kota Wali dan masyarakatnya dikenal religius, dirinya mengerti dan menghargai keberagamanan dan berbedaan yang ada.

Hal ini yang memudahkannya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di berbagai daerah. “Kami terus berkomitmen dalam mewujudkan generasi muda islami yang cinta tanah air dan bangsa,” ujarnya.

Ditambahkannya, meningkatkan kualitas komunikasi menjadi point penting dalam setiap kunjungannya, sebagaimana yang disampaikan KH. Muhammad Hanif Muslih Lc, pendekatan kekeluargaan dengan menggunakan hati akan lebih efektif dari pada pendekatan melalui cara-cara lainnya.

“Dimanapun kami berada, senantiasa melakukan pendekatan hati kepada masyarakat, sehingga TNI semakin dicintai rakyat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, pengasuh Ponpes Futuhiyah juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dandim Abi beserta rombongan yang telah menyempatkan diri untuk hadir di Ponpes dalam rangka silaturahmi dan menjalin komunikasi dengan Ponpes yang ada di Kabupaten Demak, menuju Indonesia yang damai demi keutuhan NKRI.

“Semoga persatuan dan kesatuan yang ada, juga dapat diterjemahkan dalam bentuk mendorong berbagai bentuk pembangunan demi Demak dan masyarakatnya pula,” tutur KH. Muhammad Hanif Muslih Lc.

“Semoga kegiatan ini bisa rutin dan menjadi pelopor untuk acara yang sama di kemudian hari, sehingga para santriwan dan santriwati yang berada di Ponpes Kabupaten Demak tetap tertanam dalam jiwa tentang rasa nasionalisme serta tanggungjawabnya terhadap keutuhan NKRI,” harap Kiai Hanif .