SEMARANG, Mediajateng.net – Bagi penumpang kereta api yang turun di Stasiun Tawang Semarang dan akan menuju Demak, Kudus atau pun Pati tidak perlu risau. PT KAI Daop IV Semarang telah menggandeng Perum Damri untuk menyediakan moda transportasi ke tiga daerah tersebut.
Terobosan ini sebagai salah satu bukti bangkitnya gairah usaha bidang transportasi di Jawa Tengah. “Jalur baru ini melayani rute Stasiun Tawang, Demak, Kudus dan berakhir di Terminal Pati. Ini merupakan rute terusan yang bisa memudahkan penumpang KA untuk memperoleh angkutan umum tanpa harus keluar stasiun Tawang,” ungkap Sapto Aji, Area Menager Divre II Jateng, DIY dan Kalimantan.
Tiga kendaraan dengan kapasitas 12 penumpang, dioperasionalkan sesuai dengan jam kedatangan kereta di stasiun Tawang. Dengan begitu, penumpang tidak harus menunggu lama.
Sebagai perusahaan plat merah, Perum Damri di awal pengoperasionalan armada tidak menargetkan keuntungan. Jika dipandang perlu armada dengan seat 12 diganti lebih besar, tentu kita lakukan sesuai dengan kebutuhan pasar. “Ini merupakan realisasi program yang diintruksikan Menteri BUMN untuk mensinergikan sejumlah moda transportasi. Penumpang terusan yang membeli tiket Damri dengan menunjukan tiket kereta mendapat diskon 10 persen,” imbuh Sapto Aji.
Sementara itu, DVP Daop IV Semarang Mateta Rijalulhaq mengungkapkan, moda transportasi terusan yang dioperasikan Perum Damri diharapkan akan mendukung pelayanan jasa transporasi terutama bagi penumpang yang hendak berlebaran di wilayah pantura timur. “Kereta dimulai jelang angkutan lebaran. Damri siapkan tiga armada. Satu sisi memudahkan penumpang yang tidak dijemput untuk mencari armada terusan,” ungkapnya.
Tiga armada, direncanakan diberangkatkan dari dua stasiun berbeda. Dimana, selain di Setasiun Tawang, armada juga akan diberangkatkan dari Terminal Bus Pati, Agen AKI di Jalan Susanto. “Tiket untuk semarang-Demak Rp 35.000, Semarang Kudus Rp 40.000 Semarang Pati Rp 50.000 dan sebaliknya. Untuk pemberangkatan dari Semarang dimulai pukul 06.30,” urainya. (MJ-047)

Comments are closed.