Daffa Vs 40 Pengendara Dewasa

15

SEMARANG, Mediajateng.net – Daffa Farros Oktoviarto (9), bocah berkaos loreng penghadang pemotor di trotoar menjadi viral di media sosial. Ternyata, keberanian yang ditunjukkan siswa kelas IV SD Kalibanteng Kidul 1 Semarang itu bukan hanya kali ini.
Ditemui di sekolahnya, bocah tinggal di Kelurahan Gisikdrono RT 2 RW 3, Semarang Barat, mengaku telah menghadang atau pun menegur sekira 40an pengendara. “Ada 40-an mungkin, sudah satu bulan ini,” katanya.
Daffa mengatakan aksinya biasa dilakukan sekira pukul 15.00 ketika Jalan Jendral Sudirman Semarang mulai ramai. “Ya jam tiga sore, kadang sampai sore sekali. Saya sendirian, kadang dibantu kakak, namanya Enrico,” kata Daffa.
Pernah suatu ketika ia dibentak pemotor yang ngotot ingin melintas di trotoar dekat rumahnya itu. Adu mulut pun terjadi antara Daffa dan pemotor bahkan sampai seorang sopir taksi turun dan membantu Daffa. “Pernah dibentak-bentak, dia bilang ‘awas minggir, kamu pulang’. Ya aku jawab ‘kamu tu yang pulang’. Dia bilang lagi ‘aku meh rono (aku mau ke sana)’, tak jawab lagi ‘kowe to sing mbalik (kamu yang balik), salah sopo lewat trotoar’. Sepedaku malah diturunin dari trotoar, ya tak tarik lagi, motore tak pukul-pukul. Terus ada sopir taksi datang bilang ke dia (pemotor) ‘bapake yo salah’. Akhirnya dia (pemotor) mundur pelan-pelan sambil tak tendangi motornya,” tutur dia.
Daffa juga pernah sampai ditabrak motor meski tidak keras, namun karena ia gigih, pemotor-pemotor itu mundur kembali ke jalan raya. Setidaknya sudah ada 40 motor yang dihadang Daffa selama sekitar satu bulan ini. “Sudah beberapa kali (menghadang motor di trotoar). Mungkin sudah 40-an motor, lebih,” ujar anak kedua pasangan Yuri dan Dinar itu.
Diketahui aksi Daffa hari Jumat (15/4) lalu ternyata difoto dan direkam oleh penggna jalan dan menyebar di media sosial. Netizen ternyata memuji aksi Daffa dan banyak komentar positif mengalir. Aksi itu terjadi di Jalan Jendral Sudirman yang berjarak hanya 100 meter dari rumahnya. (069)

Comments are closed.