Semarang,Mediajateng.net-Ketenaran ikan Louhan coba diangkat kembali oleh pencinta iklan hias di Kota Semarang. Sejumlah 70 ikan diadu dalam kontes ikan Louhan yang bertempat di Wisma Perdamaian di sekitar Tugumuda, Kota Semarang, acara ini di laksanakan oleh Komunitas Louhan Semarang Family.

Agung Sujiwo, sebagai ketua panitia mengatakan jika kegiatan tersebut digunakan untuk mengangkat pamor ikan Louhan di Semarang, sekaligus memperkenalkan ikan Louhan ke khalayak umum.” Pameran ini sudah diselenggarakan rutin, tujuannya tentu mengangkat kembali pamor Louhan yang sempat hilang. Selain itsendiuntuk meninjau perkembangan ikan peliharaan anggota atau budidaya ikan louhan di Semarang,” katanya, kemarin

Kegiatan itu, telah diselenggarakan ketiga kalinya di Semarang. Antusias masyarakat Semarang pun cukup tinggi. Bahkan pembibitan ikan sudah berkembang, karena kurang perkenalan sehingga membuat pembeli ragu, terlebih Louhan sempat tenggelam di pasaran.” Masyarakat selama ini menganggap jika ikan Louhan telah mati, kami membuktikan ekestensi iklan dan pamor ikan hias ini masih ada, salah satunya dengan pameran dan kontes ini,” paparnya.

Pecinta Louhan yang ikut dalam acara kemarin, ternyata tidak hanya berasal dari Kota Semarang saja, para peserta dari luar kota seperti Pekalongan, Purwokerto, Solo, Jogja, Purwodadi dan sekitarnya juga hadir untuk mengikuti kategori kontes lomba seperti Marking kelas B dan C, Cencu kelas B dan C, Free Marking (FM) kelas B dan C.” Klasifikasi penilaiannya meliputi, bentuk badan, mutiara, jenong, warna, fintail (ekor dan sirip),” bebernya.

Ada peserta kontes Louhan asal Jogjakarta, Ismantoro (33) mengikuti kontes tersebut untuk pembelajaran mengenai progres ikan peliharaan Louhan.” Selain menambah pengetahuan tentang Louhan, ajang ini juga menjadi tempat menimba pengalaman untuk mendapatkan bibit ikan yang bagus,” ungkapnya.

Dengan mengikuti kontes ikan louhan, kata dia, dapat meningkatkan kualitas dari ikan peliharaan. Selain itu, ajang ini dapat menjadi sarana promosi menarik untuk mengenalkan ikan Louhan hasil budidayanya.” Kalau ikan yang dibawa menjadi juara, pasti nilai jualnya naik, terlebih saya juga melalukan budidaya iklan Louhan,” bebernya.(MJ-069)

Comments are closed.