Cintai Lingkungan, Sekolah Ini Raih Gelar Adiwiyata

4

SEMARANG, Mediajateng.net – Sebanyak tiga sekolah tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, meraih gelar Adiwiyata. Ketiga sekolah tersebut adalah SMP 34 Kota Semarang, SD N Jatirejo Gunungpati dan SMK N 1 Jateng.

Adiwiyata merupakan penghargaan sebagai upaya untuk menciptakan generasi yang sadar dan mengerti kelestarian lingkungan dalam lingkup sekolah. Dengan adanya sekolah Adiwiyata, diharapkan akan membentuk karakter siswa yang mencintai lingkungan.
Ketua Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan jika lingkungan sekolah nyaman, siswa akan semakin optimal dalam memeroleh prestasi.  “Suasana sekolah yang sejuk, asri dan bersih akan melahirkan proses belajar mengajar yang lebih nyaman dengan tujuan akhir siswa akan meraih prestasi yang maksimal, lingkungan sekolah juga akan terjaga,” katanya.

Menurut Gunawan, pihak BLH akan terus melakukan sosialisasi sekolah Adiwiyata. Hal tersebut dimaksudkan agar tercipta lingkungan sekolah yang nyaman untuk belajar. Selain itu, para siswa juga akan lebih mencintai lingkungannya. “Rencananya  tahun depan akan kami tingkatkan terus sekolah adiwiyata baik yang mausk katagori nasional maupun adiwiyata mandiri,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengungkapkan bahw sekolah adiwiyata merupakan salah satu cara untuk menciptakan siswa atau generasi muda yang sadar dan peduli terhadap lingkungan sekitar. “Kami akan terus mendukung, sekolah adiwiyata ini sangat bermanfaat untuk siswa dan lingkungan,” tambahnya.

Menurut dirinya, dengan lingkungan yang nyaman, segi prestasi akademik akan lebih bagus. Faktor itulah yang membuat sekolah Adiwiyata sangat penting. ” Masalah lingkungan bisa disisipkan dalam pelaharan seperti  ilmu pengetahuan alam, biologi atau yang lain, kami juga mengajak partisipasi orang tua siswa dan komite sekolah untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata,” ujarnya.

Piala adiwiyata serta piagam penghargaan yang didapatkan oleh tiga sekolah, langsung diberikan  oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Gunawan Saptogiri di halaman kantor Dinas Pendidikan Kota,kemarin.

SMP N 34 Semarang yang meraih juara I, diikuti  SMP IT PAPB dan SMP N 41, diurutan kedua dan ketiga. Sementara juara dua dan tiga berturut-turut diraih SMAN 16 Semarang dan SMK Penerbangan Semarang Barat. Sementara. Untuk katagori SD, juara dua diraih SDN Srondol Wetan 05 Banyumanik, juara tiga direbut SDN Tugurejo 01. (MJ-069)

Comments are closed.