DEMAK, Mediajateng.net – Dimulai dari Pendopo Bupati Demak H.M. Natsir, S.Pd, M.Pd didampingi Komandan Kodim 0716/Demak Letnan Kolonel Inf Abi Kusnianto beserta rombongan melakukan pengecekan beberapa Pos Pengamanan lebaran 1439 H yang ada di wilayah Kabupaten Demak Sabtu (8/6/18).

Kegiatan diawali mengecek Pos Pengamanan Terpadu di Makodim 0716/Demak. Usai meninjau pos terpadu di Makodim 0716/Demak Bupati Demak yang di dampingi Komandan Kodim 0716/Demak Letnan Kolonel Inf Abi Kusnianto beserta rombongan memberikan bingkisan bagi personel yang bertugas di Pos Pengamanan tersebut. Selanjutnya rombongan melanjutkan kunjungan ke Pasar Bintoro Demak guna melakukan pengecekan harga sembako di Pasar Bintoro.

Bupati juga sempat berdialog dengan para petugas. Dalam dialog tersebut juga diketahui bahwa semua unsur banyak yang terlibat, baik dari pemerintah, masyarakat umum, hingga TNI/polri. Mereka juga sudah disiapkan jadwal dan masuk sesuai yang telah disepakati.

”Semoga keberadaan Pos-pos Pengamanan ini mampu memberi kontribusi bagi terciptanya Kamseltibcar Lantas maupun situasi Kamtibmas yang kondusif, terutama dalam wilayah pengawasan pos,“ ungkap Bupati H.M. Natsir, S.Pd, M.Pd

“Masyarakat harus berhati-hati. Dari tahun ke tahun volume kendaraan selalu meningkat, diharapakan konsentrasi dan kewaspadaan dalam berkendara tetap dijaga,” katanya

Sementara itu Dandim Demak, Letnan Kolonel Inf Abi Kusnianto menambahkan, bahwa secara keseluruhan anggota Kodim 0716/Demak siap dalam membantu menjalankan tugas Pengamanan guna terciptanya iklim yang kondusif.

”Kami dari Kodim 0716/Demak juga memberikan pelayanan Rest Area Gratis bagi para pemudik, karena wilayah Demak adalah merupakan salah satu titik lelah bagi para pemudik di jalur Pantura. Kami imbau, masyarakat yang melintas wilayah Demak agar berhati hati, beristirahatlah jika merasa ngantuk dan lelah. semoga para pemudik selamat sampai tujuan serta dapat merayakan Lebaran bersama keluarga,” terang orang nomor satu di Kodim 0716/Demak.

Selain itu, Bupati Demak bersama Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo juga melakukan tinjauan kesiapan sejumlah Pos Pengamanan operasi ketupat candi (OKC) 2018 di Kabupaten Demak, khususnya di wilayah pantura bagian timur.

OKC 2018 merupakan operasi kemanusiaan, petugas dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang hendak merayakan libur lebaran. Dalam Pos Pam beberapa hal yang di prioritaskan yaitu keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas bagi pengguna jalan. Terlepas dari itu, obyek wisata dan perumahan juga menjadi perhatian serius dari Kepolisian.

Menurut pantauan yang dilakukan Kapolres Demak sebelumnya, secara umum dari hasil pengecekan semua Pos Pam, baik personil maupun kelengkapan pos telah siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati H. M Natsir mengatakan, peninjauan posko ini dilakukan untuk melihat kesiapan para petugas, sehingga nanti pelayanan terhadap para pengendara yang ingin mudik atau pulang kampung merasa aman dan nyaman.

”Secara keseluruhan baik dari pihak rumah sakit dan Pos Pam telah siap. Semua Pos telah menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk istirahat bagi para pengendara roda dua dan roda empat jika rasa lelah. Pantauan harga kebutuhan pokok di pasar juga terlihat masih dalam harga normal,” ujarnya.

Pada peninjauan di tiga Pos yakni Pos pelayanan, Pos Pam trafic light SMP N 1 Demak dan SPBU Karanganyar itu Bupati H.M Natsir juga memberikan bingkisan berupa sembako dan makanan ringan.

Sementara itu, Kapolres Demak AKBP Maesa menjelaskan, operasi ini merupakan operasi kemanusian dengan memberikan rasa aman dan nyaman dalam perjalanan mudik dan mengantisipasi adanya daerah-daerah rawan macet, kecelakaan serta rawan kejahatan.

”Pihak kepolisian didukung penuh Pemkab Demak bersama Forkopimda,” katanya.

Dalam operasi ini, Polres Demak melibatkan sebanyak 432 personel, meliputi, 204 personel Polres, 48 personel Kodim 0716 Demak, 30 personel Satpol PP, 30 personel Dishub, 30 personel BPBD, 30 personel Senkom, 30 personel Banser dan 30 orang tenaga Kesehatan.

“Kami juga mendirikan tiga pos pengamanan di wilayah selatan yakni di Kecamatan Sayung, Mranggen dan Karangawen untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Masyarakat. Bagi pengendara jangan terlalu memaksakan diri dalam mengendarai, jika lelah istirahatlah di posko-posko kami atau disejumlah SPBU yang ada. Jangan dipaksakan, bisa bahaya,” terangnya.

Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik dan sebelum meninggalkan rumah agar mengecek pintu dan jendela agar di kunci dengan baik serta jangan lupa untuk mematikan arus listrik.

“Sehingga terhindar dari musibah kebakaran ataupun pencurian-pencurian specialist rumah kosong,” himbau Kapolres.