Kepolisian dan dinas sosial kabupaten Grobogan saat mengecek kondisi harga pangan dinpasar tradisional. Foto : Medianajateng.net

GROBOGAN, Mediajateng.net- Kenaikan harga pangan pada saat puasa kembali terjadi. Di Kabupaten Grobogan, kenaikan harga dirasakan di sejumlahnpasar tradisional.

Dalam pantauan di pasar tradisional diketahui, kenaikan harga terutama terjadi pada barang kebutuhan pokok.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq SH SIK MH, saat memimpin peengecekan harga untuk pastikan harga sembilan bahan pokok, tim satgas pangan Kabupaten Grobogan lakukan pengecekan harga pangan di sejumlah pasar tradisional, Senin (6/5/2019) di Pasar Induk Purwodadi.

Saat berada di dalam pasar, Kapolres sempat menanyakan kondisi harga beberapa kebutuhan pokok pada pedagang.

Kontroling harga, dilakukan seperti pada pedagang daging sapi dan ayam, kelontong dan bumbu dapur.

“Pengecekan harga sembako dan kesiapan kamtibmas di bulan Ramadan dilakukan untuk melihat situasi dan kondisi lapangan,” jelas AKBP Choiron .

Dari pemantauan harga sejumlah bahan pangan di Pasar Induk Purwodadi belum mengalami kenaikan yang signifikan. Kegiatan pemantauan akan terus dilakukan selama Ramadan hingga Idul Fitri.

Ditambahkan, tujuan lain pantauan itu untuk mendeteksi dan mencegah adanya penimbunan bahan pangan yang dilakukan spekulan-spekulan menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

“Apabila ditemukan spekulan yang menimbun barang dengan tujuan mencari keuntungan, Polres Grobogan tak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas. Kami nantinya akan berkoordinasi dengan Pemkab Grobogan untuk mencegah terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok,” imbuh Kapolres.

Kapolres mengharapkan kerjasama seluruh pihak baik pengelola pasar dan pedagang untuk mengantisipasi masalah keamanan terutama ramadhan sampai menjelang lebaran.

Selain itu Kapolres Grobogan meminta para pengguna pasar menjaga keamanan dan kebersihan pangan terutama bahan sembako yang dijual di pasar.

Ansori, salah satu pedagang di Pasar Purwodadi ikut memberikan komentar kegiatan Kapolres Grobogan blusukan pasar tersebut. Ia bangga atas kedatangan Kapolresta Grobogan berserta jajaran yang peduli kepada pedagang dan masyarakat.

“Saya bangga Kapolres dan jajarannya hadir kepasar untuk melihat keadaan kami. Kepedulian Kapolres Grobogan terhadap kami (Pedagang) membuat kami bangga dan percaya diri keamanan di lingkungan Pasar Purwodadi ini,” kata Ansori.mj/50