Cegah Penyebaran Virus Corona, Koramil 03/Semarang Timur Sosialisasi Social Discanting Di Pasar  

0

Semarang, Mediajateng.net, – Koramil 03/Semarang Timur bersama dengan Muspika Kecamatan Semarang Timur melaksanakan kegiatan Percepatan Pencegahan Virus Corona (COVID-19), Minggu (22/3). Bentuk kegiatan yang dilakukan yakni sosialisasi, edukasi dan konsultasi tentang Social Discanting di Pasar Tiban Citarum Bugangan dan kegiatan penyemprotan disinfectan. Seperti diketahui, Social Discanting adalah menjaga jarak dengan orang lain untuk mencegah agar tidak tertular virus corona.

Menurut Danramil 03/Semarang Timur Mayor Arh Sulistiyono, sosialisasi pencegahan penting dilakukan mengingat wabah virus corona sudah merebak. Sejumlah tempat yang perlu diwaspadai adalah tempat berkumpulnya banyak orang sebagai contoh pasar, mall dan tempat kerumuman massa lainnya.

“Pasar Tiban di Citarum jadi salah satu lokasi sosialisasi dan pencegahan penyebaran virus corona. Kami lakukan sosialisasi social discanting kepada para pedagang dan pengunjung. Masyarakat tidak perlu panik namun tetap waspada, biasakan pakai masker dan cuci tangan dengan sabun,” ujarnya disela-sela sosialisasi.

Sosialisasi di Pasar Tiban Citarum dilakukan dengan cara menggunakan pengeras suara sambil berjalan sepanjang jalan yang dipenuhi pedagang dan pengunjung. Ikut mendampingi Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati S. IP. M.Sos dan Plt Kapolsek Semarang Timur, Iptu Drs Budiantoro yang juga ikut memberikan sosialisasi.

Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati menyampaikan Pemkot Semarang meminta warganya untuk mendukung upaya social distancing oleh pemerintah. Sosialisasi ini sangat penting agar warga tidak panik dan melakukan hal berlebihan.

“Kita harus jaga upaya social discanting agar penularan virus akan melambat. Yang terpenting untuk pencegahan adalah warga tetap menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, pola makan yang sehat dan berolah raga demi menjaga ketahanan tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus penyakit,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Plt Kapolsek Semarang Timur, Iptu Drs Budiantoro. Ia menyampaikan kepada pengelola Pasar Tiban Citarum pengelola pasar dan pengunjung menaati aturan mengenai pencegahan penyebaran virus corona yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Selain sosialisasi, kegiatan penyemprotan disinfectan juga dilakukan disejumlah tempat sebagai upaya pencegahan potensi penyebaran virus corona.  Sebanyak lima petugas dari Koramil 03/ Semarang Timur melakukan penyemprotan di gedung sekolah, balai RW, Pos Kampling dan beberapa tempat ibadah di Wilayah Kelurahan Kemijen. (ot/mj)