Cegah Kanker Serviks, Gerindra Kota Semarang Gelar Pengobatan Gratis

0
68

Semarang, Mediajateng.net, – Sebagai salah satu upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks di Kota Semarang, perlu dilakukan antisipasi agar angka penderita penyakit tersebut tidak meningkat. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota, bersama dengan kanker payudara, kanker serviks merupakan pembunuh nomor satu kaum perempuan. Untuk itu deteksi dini terhadap penyakit ini wajib bagi setiap perempuan dewasa.

Demikian disampaikan wakil ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Semarang Istirochah, SSIT disela-sela pengobatan gratis dan pemeriksaan IVA bagi perempuan di posko Partai Gerinda Kota Semarang, Minggu (9/2). Pengobatan gratis ini dilaksanakan dalam rangka HUT Partai Gerindra ke 12 dan diikuti oleh ratusan peserta.

Menurut Istirochah, selama pengobatan gratis yang berlangsung sehari ini pihaknya melakukan deteksi dini terhadap perempuan. “Hasilnya dari 17 perempuan yang ikut pemeriksaan IVA ada 2 yang positif kemungkinan terkena kanker serviks sehingga kami merekomendasikan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas,” katanya.

Dari pemeriksaan ini hendaknya puskesmas bisa memberi rujukan pada yang bersangkutan agar bisa melakukan pemeriksaan lebih jauh di RSUD Wongsonegoro atau RS lain yang ditunjuk.

“Makanya perlu dilakukan deteksi dini, soalnya kanker ini bisa berkembang terus dan baru ketahuan setelah 10 tahun,” katanya.

Sementara itu Mualim selaku panitia pengobatan gratis menegaskan, kegiatan ini sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat. Menurutnya, pelayanan kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab puskesmas,namun seluruh masyarakat. Hal ini dilakukan agar derajat kesehatan masyarakat di Kota Semarang semakin meningkat.

“Kami terus berupaya agar pelayanan kesehatan bisa semakin mendekat ke masyarakat, salah satunya melalui pengobatan gratis ini,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Semarang ini.

Pada kesemapatan yang sama, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang Joko Santoso menambahkan kegiatan ini merupakan serangkaian acara dalam rangka HUT Partai Gerindra Kota Semarang.

“Partai kami sudah berdiri sejak 12 tahun lalu, ibaratnya kini masuk usia remaja, sudah saatnya semakin menunjukan kemanfaatan bagi masyarakat,” katanya. (ot/mj)