Cat Penyelamat Pengendara Jangan Dilindas

GROBOGAN- Jika melintas di jalan protokol di Kabupaten Grobogan dan melihat adanya sejumlah lokasi yang diberi cat berwarna putih jangan ditabrak.

“Cat itu, sengaja diberikan polisi bukan untuk hiasan atau memberi wrna-warni pada jalan aspal semata. Namun, sebagai tanda adanya titik lubang di jalan. Jadi jangan ditabrak,” kata Kanit Turjawani Sat Lantas Polres Grobogan Ipda Afandi, Rabu (27/12).

Penandaan lubang dengan cat warna putih, sengaja dilakukan Sat Lantas Polres Grobogan dengan tujuan memberi informasi jika di sekitar cat putih itu terdapat lubang yang bisa membahayakan pengendara khususnya pengendara roda dua.

“Pengecatan, kita lakukan pada saat tim melakukan survai dan pendataan akses jalan nasional maupun jalan kabupaten yang ada di kabupaten Grobogan. Dari survai ditemukan banyak lubang ukuran cukup besar terjadi paska intensitas hujan meninggi.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji menjelaskan, tim melakukan pengecekan langsung kondisi jalan yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan untuk mendapatkan kondisi real akses jalan yang rusak karena hujan di Kabupaten Grobogan.

“Selain melakukan survai dan pendataan, di lokasi temuan jalan rusak kita berikan tanda dengan cat. Dengan begitu, jalan yang berlubang agar mudah dilihat pengguna jalan baik pada siang hari maupun pada malam hari,” kata Kasat Lantas.

“Hasil kegiatan ini kita dokumentasikan dan akan segera kita teruskan kepada instansi terkait melalui surat agar dilakukan tindak lanjut berupa perbaikan. Sebab jika tidak segera diperbaiki, dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas, ” tambahnya.

Dari pantauan dilapangan, jalan yang terdapat banyak lubang terlihat mulai dari pertigaan kantor Kecamatan Grobogan hingga wilayah Kecamatan Brati. Di ruas jalan milik Pemprov Jateng ini ada beberapa titik jalan berlubang.
Lubang jalan di beberapa titik bahkan terlihat cukup panjang. Kondisi ini menyebabkan para pengendara harus mengurangi kecepatan.

“Lubang jalan ini mulai muncul sejak satu bulan terakhir. Lubang jalan makin tambah setelah musim hujan datang,” kata Hernomo, warga setempat.Mj-505

Comments are closed.