SEMARANG, Mediajateng.net – Calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-Ida Fauziah semakin gencar memanaskan mesin politiknya dengan meluncurkan program Ayo Obah di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah atau Pilgub Jateng 2018.

Program ini mengadopsi kampanye pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta yang meluncurkan One Kecamatan One Center for Enterpreneurship atau OK OCE.
“Ayo Obah bertujuan menciptakan wirausahawan baru di Jateng. Nanti kami ajarkan pula bagaimana masyarakat bisa memahami bisa dapat modal. Baik perbankan dengan memanfaatkan BUMD seperti Bank Jateng. Karena kalau mengandalkan APBD saja tidak cukup,” ujar Sudirman Said di Posko Pemenangan Sudirman-Ida di Jalan Pamularsih Semarang, kemarin.
Untuk menjalankan program tersebut, pihaknya sudah menyiapkan 573 trainer atau pelatih yang akan memberikan pelatihan secara serentak di 573 kecamatan se-Jawa Tengah.
“Para trainer sudah menjalani program pelatihan di tingkat provinsi. Mereka juga akan mengedukasi soal akses permodalan. Jadi tidak melulu beri pelatihan soal kewirausahaan,” katanya menjelaskan.
Mantan menteri ESDM ini mengatakan, akses permodalan menjadi hal penting untuk dimudahkan prosesnya bagi para wirausaha baru maupun wirausaha lama guna meningkatkan jaringan usaha.
“Modal masih menjadi masalah yang banyak dialami para pelaku usaha. Lalu yang menjadi perhatian lagi yakni soal pemasaran. Menurut Kami  bahwa menjadi wirausaha juga perlu akses pasar untuk menjual produk yang diciptakan,” tambahnya.
Lebih lanjut Sudirman Said menambahkan, dalam pelatihan wirausaha serempak itu meliputi berbagai bidang termasuk pertanian dan peternakan. Adopsi program tersebut menurutnya, upaya yang harus dilakukan untuk mengubah cara pandang masyarakat dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan mereka. Sehingga angka kemiskinan menjadi turun karena mampu menyerap pengangguran di sektor non formal.