GROBOGAN, Mediajateng.net – Kegiatan gerak dan lagu Panggung Latihan Anak Grobogan (Palagan), menjadi ajang kreasi anak dan pelatihan mental dalam seni dan budaya.
Kasat Bimas Polres Grobogan, AKP Sudarwati SH, Rabu (31/8/2016) mengungkapkan panggung Palagan yang digelar di Mapolres Grobogan, mempertandingkan kemampuan siswa dari 10 sekolah dasar di lingkungan kacamatan Purwodadi. Tidak saja gerak tari, namun dalam penampilan tersebut, siswa juga menampilkan kesenian karawitan, rebana hingga teater. “Palagan, bertujuan membangun kesadaran Kantibmas sejak dini bagi siswa sekolah dasar. Dengan memberi kesempatan anak tampil di panggung maka menjadi kesempatan bagi siswa untuk lebih dekat dengan polisi,” imbuhnya.
Palagan diharapkan juga lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat sejak dini. dengan begitu, kedepan anak ketika dewasa lebih berani tampil. “Palagan menjadi panggung latihan anak Grobogan untuk menggali kreasi dan kebudayaan Jelas keberanian tampil di atas panggung dimana ada polisi dan masyarakat diharapkan mampu mendorong kepercayaan diri anak. Peserta kali ini ada 10 sekolah dasar se-kecamatan Purwodadi,” imbuhnya.
Dengan kegiatan serupa yang akan digelar di beberapa Polsek di Kabupaten Grobogan, diharapkan anak akan lebih berani menolak ketika mendapat penawaran narkoba atau barang terlarang lainnya. Selain itu, anak diharapkan berani melaporkan ketika menjadi korban kejahatan. “Kegiatan ini menjadi sarana untuk lebih membuat anak lebih berani mengadu kepada polisi. Dengan lebih mengenal, ketika terjadi masalah atau tindak kejahatan terhadap anak, mereka berani mengadu,” imbuhnya, ditemui disela acara. (MJ-070)

8 KOMENTAR

Comments are closed.