GrOBOGAN, Mediajateng.net – Perayaan pergantian tahun 2017-2018 di sejumlah tempat di Kabupaten Grobogan berjalan dengan sangat meriah. Ribuan orang tidak saja menikmati keramaian di Alun-alun Purwodadi, namun sejumlah jalan protokol di Kota Purwodadi juga dipadati warga baik muda maupun orang tua yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

Keramaian tampak di obyek Wisata Sumberjatipohon. Di mana, langit cerah yang disertai gemerlap bintang menambah semaraknya malam pergantian tahun.

Tidak saja menikmati keindahan alam, namun warga juga disuguhkan hiburan menarik hingga digelarnya kegiatan menerbangkan lampior. Tidak asal diterbangkan, namun setelah digelar doa bersama balon diiringi dentuman petasan mulai berterbangan ‘menyatu’ dengan bintang di langit.

Eni Endarwati, Kades Sumberjatipohon yang memimpin pelepasan lampion mengatakan, pelepasan lampion menjadi simbol melepaskan hal buruk, masa lalu hingga kenangan negatif yang ada di tahun 2017. Sedang, doa menjadi harapan akan datangnya kebaikan di masa mendatang.

“Semoga ke depan Desa Sumberjatipohon khususnya, Kabupaten Grobogan dan Indonesia pada umumnya bisa lebih baik lagi. Warga dilimpahi rejeki dan kesehatan,” katanya berharap.

Iqlimahtul Ashriyyah, pengunjung Wisata Sumber Jatipohon mengaku memilih menghabiskan malam pergantian tahun di Wisata Jatipohon daripada di luar kota karena ingin bisa ikut meramaikan wisata lokal dan bisa berkumpul dengan teman di daerah. Selain itu, keunikan kawasan Jati Pohon juga menjadi pilihan titik keramaian yang diharapkan tidak menimbulkan kebosanan.

“Ini saya bersama enam orang teman saya. Bisa seru-seruan dengan ikut menerbangkan lampion,” ujarnya.

Tak hanya pengunjung dari Kabupaten Grobogan saja, ada beberapa pengunjung dari luar kota juga. Seperti Siti Fatonah, salah seorang pengunjung dari Kudus. Ia mengaku sengaja datang ke Jatipohon karena ingin menikmati suasana tahun baru dengan suasana yang berbeda.

“Pengin mendapatkan suasana pergantian tahun yang berbeda saja. Ini dengan keluarga juga,” ucapnya.

Pujiyanto, Ketua Komunitas Wisata Grobogan menjelaskan, pelepasan lampion di Wisata Jatipohon kali merupakan acara tahunan kedua yang meramaikan kawasan perbukitan kapur di lereng Gunung Kendeng.

Acara juga penampilan seni angklung dari Desa Godan, Kecamatan Tawangharjo, night carnival dari Grobogan Carnival Center(GCC), drum blek Laskar Merah Putih dan beberapa tampilan seni lainnya.

“Alhamdulillah dengan kerja keras tim, suport pemerintah Desa Sumberjatipohon dan seluruh  pengisi acara, acara pergantian tahun bisa terlaksana dengan baik. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Farida, Ketua GCC mengaku sangat senang bisa turut serta mengisi acara pergantian tahun di Wisata Jatipohon. “Semoga sumbangsih kami bisa ikut memeriahkan acara dan memajukan wisata di Kabupaten Grobogan,” katanya. (MJ-)