BLORA, Mediajateng.net- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan langkah kongkrit sebagai upaya pelestarian alam yakni dengan menghijaukan kembali bumi bagi masa depan generasi penerus. Hal itu dilakukan melalui program 5000 pohon bertajuk “Trees For The Future” yang dipusatkan di Kawasan Mentul, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jumat (25/1/2019) kemarin.

Dalam acara yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM) Cepu, hadir Bupati Blora Djoko Nugroho. Dalam sambutannya, Djoko Nugroho mengatakan pelestarian alam bukan masalah sepele sebab berkaitan langsung dengan masa depan generasi penerus bangsa.

“Harus kita ingat bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil, karena hal ini menyangkut masa depan anak, cucu dan cicit kita. Saat kita menanam pohon, kita juga sedang menanam doa, menanam harapan, menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang,” kata Djoko Nugroho.

Sementara itu Kepala PPSDM Migas, Wakhid Hasyim, mengungkapkan penanaman 5000 pohon ini juga menjadi simbol peringatan hari jadi ke 53 PPSDM. Ia menyebutkan kegiatan ini juga difungsikan untuk menjaga Kecamatan Cepu agar tetap sejuk.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga Cepu tetap sejuk sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Wakhid.

Rencana ke depan, di kawasan Mentul inilah akan dibangun eco park yang berisi hal-hal bermanfaat seperti water boom, pemancingan ikan, jogging track, kebun buah, penangkaran rusa, perpustakan serta lapangan basket. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung Kepala BPSDM ESDM, Ign Wiratmadja Puja, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

“Nantinya akan kita buat seperti Taman Mekarsari yang ada di Bogor,” ujarnya.

Usai melakukan penanaman 5000 pohon ini, Djoko Nugroho bersama rombongan dari PPSDM Migas Cepu dan perwakilan Kementerian ESDM melaksanakan kick off revitalisasi rumah sakit PPSDM Migas Cepu. Dalam tinjauan ini, Djoko Nugroho berharap proses revitalisasi dapat berjalan sesuai harapan. (Ag-Mj)