Bupati : Guru TK Itu Orang Pertama

DEMAK, Mediajateng.net- “Guru Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu dari orang pertama yang berkesempatan untuk membentuk karakter anak. Bisa dibilang mereka adalah orang tua dari para anak didik”, demikian disampaikan Bupati Demak HM.

Natsir saat memberikan materi jam pimpinan kepada peserta Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Taman Kanak-Kanak di Aula Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Demak.

Dalam rilisnya, kepada Mediajateng,net, Rabu (14/3/18), dijelaskan, bupati bahwa masa kanak-kanak adalah masa bermain. Jadi biarkan mereka menikmati haknya.

“Antar mereka untuk mengembangkan kreatifitas  dengan bermain”, pesannya.

Bupati minta peserta untuk meningkatkan kreatifitas.

“Guru yang kreatif akan selalu mencari cara bagaimana agar proses belajar mengajar mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan. Selanjutnya berupaya mengadaptasi tingkah laku yang bisa dicontoh anak dengan mengembangkan faktor situasi dan kondisi belajar siswa,” katanya.

“Kreatifitas yang demikian memungkinkan guru menemukan bentuk-bentuk pengajaran yang sesuai khususnya dalam memberi bimbingan, dorongan, dan arahan agar siswa dapat belajar secara aktif,” tambahnya.

Tumbuhnya kreatifitas di kalangan guru memungkinkan terwujudnya ide perubahan dan upaya peningkatkan secara kontiyu serta sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat dimana sekolah itu berada.

“Jika seluruh tenaga pendidik di Kabupaten Demak menjadi kreatif, saya yakin, kita akan memiliki generasi pembangunan yang tidak hanya handal, namun juga memiliki attitude yang baik”, ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan GTK Dindikbud Kabupaten Demak Sapon, S. Pd, M.Pd selaku ketua penyelenggara menyampaikan, Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, secara bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitas guru.

“Kegiatan dengan jumlah 60 peserta dari Guru Taman Kanak-Kanak ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai dengan 15 Maret 2018 di Aula PGRI Kabupaten Demak”, terang Sapon.(*MJ)

Comments are closed.