Bupati Grobogan Ziarahi Makam Para Pendahulu Jelang Hari Jadi ke 294

0

GROBOGAN, mediajateng.net– Rangkaian awal sebelum memasuki peringatan Hari Jadi ke 294 Kabupaten Grobogan, jajaran Forkopimda melakukan ziarah ke makam para pendahulu. Tradisi ini sudah menjadi kegiatan turun-temurun dengan melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Selo, Ki Ageng Tarub, Pangeran Puger dan Ki Ageng Getas Pendowo.

Di momen ini, Bupati Grobogan, Sri Sumarni, melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Tarub, Kecamatan Tawangharjo, Selasa (25/7/2020) lalu. Dalam ziarah tersebut, Bupati didampingi Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan sejumlah kepala OPD serta kepala bagian Setda Grobogan. Doa bersama dan tabur bunga berjalan khidmat dan lancar.

Usai melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Tarub, Bupati dan jajarannya melanjutkan ziarah ke Makam Ki Ageng Selo, yang lokasinya tidak jauh dari makam Ki Ageng Tarub. Di sana Bupati melakukan tabur bunga didahului doa di dekat pusara makam Ki Ageng Selo tersebut.

Hal yang sama dilakukan Sesda Grobogan, Moh Soemarsono. Didampingi Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta, pihaknya juga melakukan ziarah ke Makam Ki Ageng Getas Pendowo, di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi dan Pangeran Puger di Kecamatan Grobogan.

Ajak Masyarakat

Usai melakukan ziarah, baik Sri Sumarni maupun Moh Soemarsono, langsung membagikan bantuan paket sembako yang berasal dari Baznas Grobogan untuk warga kurang mampu yang tinggal di sekitar keempat makam ini. Adanya bantuan ini, masyarakat diharapkan dapat terbantu dan beban sedikit ringan.

Dalam kesempatan itu, Sri Sumarni  mengajak masyarakat berperan serta dalam momentum Hari Jadi ke-294 Kabupaten Grobogan. Pihaknya berharap mereka dapat bergotong-royong ikut andil dalam  membangun daerah.

Keterlibatan masyarakat perlu digalakkan dan digelorakan. Mereka diminta ikut serta di berbagai bidang sesuai dengan keterampilannya masing-masing. “Pembangunan daerah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Semua harus terlibat, baik masyarakat, hingga instansi-instansi terkait lainnya. Semua harus optimis dan memberikan sumbangsihnya secara terus menerus. Hari Jadi Grobogan ini menjadi momentum yang tepat untuk mewujudkannya,” ujar Sri Sumarni. (Ag-MJ)