Bupati Cilacap Tinjau Lokasi Pergerakan Tanah di Dusun Cijulu Dayeuhluhur

Cilacap, mediajateng.net – Bupati Cilacap bersama Kepala BPBD Cilacap dan Kelapa BBWS Citanduy, meninjau lokasi bencana alam retakan/pergerakan tanah di Dusun Cilulu, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kamis (4/11/21).

Hadir dalam kegiatan pengecekan ke lokasi bencana alam, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Kepala BPBD Cilacap Drs. Wijonardi, MM., Kelapa BBWS Citanduy Bambang Hidayat, Kepala Dinsos Kabupaten Cilacap Arida Puji Hastuti, SP, MM., Kasat Pol PP Luhur S. Muchsin, S.STP.,M.Si., unsur Forkopincam dan Perangkat Desa Dayeuhluhur.

Setibanya di Posko Bencana alam Pergerakan Tanah di Dusun Cilulu RT 03 RW 12 Desa Dayeuhluhur, Bupati beserta rombongan, langsung meninjau lokasi bencana pergerakan tanah.

Dalam kesempatan itu, Camat Dayeuhluhur Aji Pramono memaparkan beberapa lokasi atau tempat yang terdampak akibat kejadian alam pergerakan tanah yang terjadi di Desa Dayeuhluhur tersebut. Dijelaskan pula bahwa kejadian bencana alam ini terjadi diakibatkan oleh intensitas hujan yang cukup deras sehingga menimbulkan adanya pergerakan tanah yang terjadi di Dusun Cilulu Desa Dayeuhluhur.

“Dalam kurun waktu beberapa hari kebelakang, wilayah Kecamatan Dayeuhluhur turun hujan dengan intensitas yang cukup lebat sehingga menimbulkan adanya pergerakan tanah yanh terjadi di Dusun Cilulu, Desa Dayeuhluhur. Pergerakan tanah ini juga pernah terjadi pada tahun 2003 dan terjadi lagi pada saat ini di tahun 2021,” Paparnya.

Lanjutnya, untuk pergerakan tanah yang terjadi di dusun Cilulu Desa Dayeuhluhur yang terdampak seluas kurang lebih 6 Ha sehingga mengakibatkan beberapa rumah mengalami kerusakan. Rumah warga yang terdampak rusak berat sebanyak 5 unit rumah, rusak sedang 8 rumah, rusak ringan ada 4 unit rumah, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” Tutupnya.

Menanggapi kejadian ini, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan bahwa bencana alam di wilayah Kabupaten Cilacap harus segera ditangani secara cepat karena menurutnya Kabupaten Cilacap merupakan wilayah rawan bencana alam. Untuk itu, beberapa langkah harus segera dilakukan baik penanganan bencana, pendataan warga terdampak dan lainnya.

‘Dari Kepala BBWS Citanduy akan segera menangani jalan yang retak dengan cara di tutup dengan material untuk pemadatan. Kepala BPBD segera melakukan pendataan warga yang terdampak, Kepala Bapeda untuk segera menganggarkan terkait bencana alam, apabila ada tindakan relokasi segera laksanakan. Warga tetap semangat, jangan sedih, insyaalloh pemerintah akan menangani dengan cepat,” Tegas Bupati.

Dalam peninjauan ke lokasi bencana alam, Bupati juga memberikan bantuan sembako yang secara simbolis di serahkan kepada warga yang terdampak bencana alam. (MJ/50)