Bupati Brebes Minta Kades Tak Asal Pecat Perangkat Desa

Brebes, Mediajateng.net,- Bupati Brebes, Idza Priyanti, melantik 34 kepala desa (Kades) yang terpilih dalam gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, beberapa waktu lalu.

34 Kades yang dilantik berasal dari berbagai desa di Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, dan Losari.

Kepada para Kades, Idza mewanti wanti agar melayani seluruh warga tanpa pilih kasih meskipun dulunya tidak mendukung. Hal itu penting dilakukan agar masyarakat bisa merasakan kesejahteraan bersama dan bersama-sama membangun desa.

“Jangan main pecat kepada aparatur desa atau pamong tanpa alasan yang jelas. Apalagi yang dilatarbelakangi karena tidak mendukung saat kontestasi Pilkades yang lalu. Harus merangkul seluruh lapisan masyarakat,” kata Idza, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades di lapangan Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Kamis (27/2/2020).

Dikatakannya, Kades harus mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin. Serta, mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Tindaklanjutilah segala keluhan yang datang dari masyarakat, sehingga roda pemerintahan desa dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” pesannya.

Menurutnya, ada banyak persoalan yang masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama. PR tersebut yang selama ini menjadi keluhan masyarakat, di antaranya masalah sampah dan lainnya.

Untuk itu, lanjutnya, Kades harus menciptakan inovasi, ide dan gagasan tentang pengelolaan sampah di desanya.

Ia berpesan, para Kades yang baru dilantik harus segera mempelajari dan memahami peraturan perundang-undangan tentang desa sebagai dasar dalam melangkah. Kemudian, membangun sinergitas dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan program kerja yang telah disiapkan.

“Optimalkan perangkat desa yang sudah ada dan berpengalaman, serta jangan sampai terjadi penyelewengan kewenangan,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, hadir juga suami Bupati Brebes Warsidin, Wakil Bupati Brebes Narjo beserta istri Sri Legiastuti Narjo, Kajari Brebes Edy Hartoyo, Ketua Pengadilan Agama Brebes Abdul Basyir, Kepala OPD terkait, Forkopimcam se-wilayah Brebes Utara, tamu undangan lainya. (*)