Bulan Ramadhan dan Jelang Lebaran, Polsek Mranggen Sidak di Pasar

DEMAK, mediajateng.net – Dipimpin langsung Kapolsek Mranggen, Iptu Tohari, petugas Polsek Mranggen melakukan pengecekan beberapa produk makanan kemasan. Pengecekan yang dilakukan antara lain, tanggal kadaluarsa makanan ringan, pengecekan harga sembako dan kebutuhan pokok, antisipasi peredaran uang palsu, dan antisipasi gangguan kamtibmas jelang lebaran, Selasa (20/04/2021) siang.

“Kita cek seluruh keamanan pedagang pasar pada minggu pertama bulan ramadhan ini. Kita himbau agar para pedagang tetap waspada terhadap aksi kejahatan yang disinyalir meningkat menjelang lebaran,” ujar Iptu Tohari.

Selain itu, petugas memastikan bahwa seluruh pedagang memiliki alat deteksi uang palsu (upal). Beberapa pedagang mengaku pernah mendapat uang palsu pecahan 100 ribuan.

“Dulu pernah dapat pecahan 100 ribuan. Ya dari pembeli. Tapi baru tau kalau itu uang palsu, waktu mau beli motor,” ujar Indri, salah satu pedagang pakaian Pasar Mranggen.

Di pedagang makanan ringan, petugas mengecek satu persatu tanggal kadaluarsa makanan, dan menghimbau agar para pedagang teliti memastikan makanan tidak kadaluarsa.

“Kita cek tanggal kadaluarsanya. Kalau ada yang sudah lewat, kita minta pedagang untuk mengembalikan dan tidak menjualnya,” tambah Kapolsek Mranggen.

Sidak dalam Patroli Kamtibmas ini rencananya akan digelar rutin di tengah meningkatnya aktivitas jual beli masyarakat. Kapolsek menghimbau, masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya menjaga keamanan dan kondisifitas selama bulan ramadhan hingga lebaran. (mj/60)