SEMARANG, mediajateng.net – Kota Semarang masih menjadi incaran kalangan pengusaha lembaga pembiyaan untuk memperluas jaringan pelayanan dan usahanya. Salah satunya yakni Koperasi Artha Mandiri Abadi (AMA) Indonesia yang secara resmi membuka Kantor Pelayanan Semarang yang ke -10, di Jalan Lamper Tengah Blok C-3, Kelurahan Gayam Sari, Kecamatan Gayamsari, Jumat (3/4).

Pembukaan kantor pelayanan Semarang itu dihadiri oleh Wakil Wali Kota Semarang,  Hevearita Gunaryanti Rahayu, yang sekaligus meresmikan kantor baru ini bersama para kepala pimpinan kantor AMA Indonesia.

Menurut Ketua AMA Indonesia Tubagus Taufik Iskandar, tujuan dibukanya kantor pelayanan di Semarang diharapkan lebih bisa mendekatkan diri dengan anggota koperasi. Selain itu, juga untuk meningkatkan sektor permodalan kantor pelayanan semarang akan mengembangkan usahanya meliputi FamCare dan HEC Academy (Hospitallity Education Centre) dengan tujuan memberikan informasi yang akurat dan mencetak calon pekerja muda yang profesional.

“Kami memang beda dengan yang lain karena kami bergerak dibidang jasa. Orang selama ini mengenal koperasi ya untuk simpan pinjam. Kami mengutamakan bidang jasa. Bidang jasa kita lebih pada segmen pendidikan, mendidik putra -putri bangsa menjadi tenaga profesional di bidang hospitallity, dibidang perhotelan dan menjadi crew kapal pesiar. Ini bisa jadi alternatif menjadi pekerjaan,  karena pendidikan dibidang hospitallity tidak terlalu lama dan relatif murah. Koperasi diharapkan bisa membantu dari segi biaya,”terangnya usai acara.

Selain dibidang pendidikan,  lanjut dia, yang akan disasar pihak koperasi, yakni bidang kesehatan, dimana saat ini banyak keluarga menengah ke atas, menginginkan untuk merawat orangtua atau kerabatnya di rumah.

“Karena kalau di rumah sakit, kurang optimal. Sehingga kami menghadirkan layanan tersebut ke rumah, agar lebih dekat dengan keluarga,”imbuhnya.

Pihaknya mengakui, koperasinya melayani simpan pinjam hanya 20-30 persen saja, dan selebihnya bergerak di bidang jasa. Yang mana koperasinya memiliki visi dan misi menjadi koperasi terbaik dalam pengelolaan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota atau karyawan serta pengurus dan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan dibukanya kantor pelayanan semarang koperasi AMA Indonesia, karena disaat perekonomian seperti ini, Kota Semarang masih diperhitungkan disisi ekonominya.

“Masih banyak peluang-peluang yang perlu ditingkatkan di Kota Semarang. Diharapkan, nantinya bisa menjadi partner dan membantu warga Kota Semarang untuk dari segi pembiayaan, pendanaan dan penyimpanan dananya. Sehingga bisa muncul outlet-outlet lainnya dari koperasi AMA Indonesia ini di Kota Semarang,” kata Mba Ita, sapaan akrab Wakil Wali Kota.

Mba Ita menambahkan, kedepan Koperasi AMA Indonesia diharapkan bisa mengoptimalkan pelaku UMKM yang ada di Kota Semarang dengan bersinergi dengan pemerintah kota, melalui dinas koperasi dan UMKM. (ot/mj)