Semarang, mediajateng.net

PT Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang tengah menyiapkan dua lokasi sebagai terminal penumpukan barang, yaitu di wilayah Brumbung dan Ronggowarsito Semarang, untuk siap beroperasi pada bulan Mei mendatang. Kepala PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, dengan fasilitas prasarana tersebut diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengusaha untuk menggunakan ketersediaan kereta barang untuk mengirimkan barang.

Dalam konferensi pers Grafik Perjalanan Kereta Api 2017, yang berlangsung di Stasiun Tawang semarang, Senin (27/3), pihaknya menjelaskan siap memberikan berbagai keunggulan dalam pengiriman menggunakan kereta barang.

“Bebas macet, volume yang terangkut lebih besar, dan waktu tempuh pun sudah terjadwal.” tegas Wiwik

Selama ini adanya fasilitas kereta barang masih menjadi nomor dua ketimbang kereta penumpang. Layanan kereta barang kurang menarik, karena selama ini tidak memiliki jadwal kedatangan secara jelas dan tepat waktu.

Mayoritas penggunaan kereta barang baru sebatas melayani pengiriman di sektor BBM dan semen. Agar semakin menarik peminat, PT KAI Daop 4 Semarang, dalam pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api ( Gapeka ) 2017, menambah sebanyak 2 KA Petikemas.

“Dari semula 50 KA Petikemas menjadi 52 KA.” tambahnya (MJ-202)