Semarang-mediajateng.net

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng memusnahjan 751,06 gram Narkotika jenis Sabu . Ratusan gram sabu tersebut merupakan hasil pengungkapan petugas BNNP Jateng pada Rabu 8 November lalu.

“Total sabu saat penangkapan ada 811,94 gram, namun ini disisihkan sebanyak 60,88 gram untuk digunakan sebagai barang bukti di persidangan,” ujar Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo saat melakukan pemusnahan , kamis (7/12).

Tri Agus menjelaskan barang bukti tersebut merupakan hasil dari pengungkapan kasus yang melibatkan seorang penghuni Lapas Pekalongan, Cristian Jaya Kusuma alias Sancai.

“Kasus ini merupakan peredaran sabu yang dikendalikan dari dalam Lapas, kasus ini terungkap dari penangkapan tersangka Dedi Kenia S di Kawasan Patung Kuda Undip, Tembalang,” imbuh Tri Agus.

Sementara, dalam pemusnahan barang bukti tersebut, dua tersangka yakni Sancai dan Dedi Kenia S turut menyaksikan. Pemusnahan dipimpin oleh Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo didampingi oleh perwakilan Kejaksaan Tinggi, BPOM, Labfor Mabes Polri, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Pemusnahan dilakukan dengan mencampur sabu, air, detergen, dan solar di dalam sebuah ember. Sebelum dinusnahkan, sabu terlebih dulu diuji keasliannya oleh petugas Labfor Mabes Polri cabang Semarang. Setelah dipastikan bahwa itu sabu asli seperti yang telah diuji sebelumnya. (MJ-303)