PEKALONGAN, Mediajateng -Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pekalongan langsung meralat surat edaran terkait tarif retribusi kebersihan baru usai mendapat kecaman dari masyarakat.
Plt Kepala BLH Kota Pekalongan, Sutarno mengatakan dalam Surat edaran sebelumnya ditetapkan bahwa tarif retribusi baru diberlakukan pada 1 April 2016. Saat ini sudah diralat, tarif itu diberlakukan setelah Peraturan Walikota (PERWAL) turun. “Kami sudah meralat surat edaran sebelumnya, bukan saya yang menandatangani surat edaran itu tapi kabid saya,” terang Sutarno.
Sutarno menjelaskan jika surat edaran yang kemarin dikirim tidak sepengetahuan dirinya, karena dirinya merasa tidak pernah menandatangani surat tersebut. “Saya tidak tahu, karena surat edaran itu tidak pernah saya tanda tangani, ko bisa tidak ditanda tangani tapi beredar?” ujarnya.
Retribusi kebersihan tahun ini mengalami kenaikan yang cukup besar. Untuk retribusi sekolah sebelumnya hanya Rp 10.000 menjadi Rp 100.000, Rumah Tangga Rp 4.000 menjadi Rp 10.000, Hotel Rp 80.000 menjadi Rp 1.000.000.
Tarif retribusi itu dianggap sangat memberatkan masyarakat, karena mengalami kenaikan yang sangat tidak wajar. (MJ-16)

Comments are closed.