SEMARANG, Mediajateng.net – Menjelang akhir tahun ajaran sekolah, beberapa universitas telah membuka jalur pendaftaran. Tentu, mendaftar dan diterima belajar di perguruan tinggi ternama merupakan sebuah idaman. Nah, berikut info 10 perguruan tinggi ternama di Jawa Tengah.
Info universitas terkemuka di Jawa Tengah ini merupakan olahan data dari webometrics university rankings. Dari olahan data tersebut, bakal diketahui peringkat universitas rangking dunia negara dan provinsi.

10. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Universitas Kristen Satya Wacana atau yang sering disingkat UKSW adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1956. Universitas yang terletak di kota Salatiga ini juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia lho! Dengan 15 Fakultas, UKSW terbagi menjadi 5 kampus yang semuanya berada di kota Salatiga. UKSW ini menempati peringkat 71 tingkat nasional dan 5.860 peringkat internasional.

9. Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Universitas Islam Sultan Agung atau yang disingkat UNISSULA ini adalah salah satu World Class Islamic Cyber University. Universitas yang terkenal dengan moto besarnya “Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah” ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah. Nilai-nilai keislaman merupakan dasar dan bahkan menjadi ruh dari UNISSULA. Tapi hal itu bukan berarti semua program studinya tentang keislaman lho! Buktinya, UNISSULA memiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) mulai dari ilmu kedokteran sampai teknik. Unissula ini menempati peringkat 70 nasional dan 5.834 internasional.

8. Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Universitas Dian Nuswantoro atau yang lebih sering disebut dengan UDINUS ini terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas yang dinaungi yayasan Dian Nuswantoro ini merupakan gabungan dari beberapa sekotah tinggi di Semarang pada tahun 2001. Ini juga yang kemudian membuat UDINUS mempunyai banyak program studi dari berbagai bidang ilmu. Mulai dari Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Ilmu Kesehatan, dan Teknik. Di UDINUS sendiri kita tidak hanya menemui program studi S1 saja, tapi juga program studi pascasarjana alias S2. Menempati peringkat 66 nasional dan 5.486 internasinal.

7. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Nama Universitas Jendral Soedirman atau UNSOED memang diambil dari salah satu pangima besar sekaligus pahlawan nasional Indonesia. Hal ini bukannya tanpa alasan, nama itu dipilih karena letak universitas ini adalah daerah Banyumas tempat Jendral Soedirman dilahirkan. Tepatnya universitas ini berada di kaki Gunung Slamet, Purwokerto, Banyumas. Kampus yang terkenal sejuk ini memiliki total 14 fakultas untuk program D3, S1, S2, dan juga S3. Unsoed menempati peringkat nasional 47 dan 4.146 peringkat internasional.

6. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Menempati peringkat 41 Indonesia dan 3.776 peringkat internasional.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Dari namanya, tentu kamu sudah tahu dong ya letak kampus UMS ini? Ya, Universitas Muhammadiyah Surakarta atau yang disingkat UMS ini terletak di karasidenan Surakarta, tepatnya di wilayah Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Universitas yang didirikan sejak tahun 1958 ini mempunyai 12 fakultas program sarjana lho… Tapi tidak cuma itu, UMS juga memiliki fakultas untuk program pascasarjana S2 dan S3. Dengan kelebihannya tersebut, UMS menempati posisi 37 pada peringkat nasional dan 3.547 peringkat internasional.

4. Universitas Negeri Semarang
Universitas yang dulu memiliki nama IKIP Semarang tersebut menempati rangking 23 nasional dan 2.867 peringkat internasional.

3. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Universitas dengan nama sebelumnya Institut Agama Islam Negeri Semarang tersebut menempati peringkat 18 nasional dan 2.623 pada rangking internasional.

2. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Universitas Sebelas Maret ini sering sekali disingkat dengan UNS. Sayangnya banyak orang yang keliru mengartikan singkatan ini sebagai Universitas Negeri Solo atau Surakarta. Ini karena letak UNS yang berada di Surakarta atau Solo. Perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak tahun 1976 ini menawarkan 10 fakultas mulai dari bidang seni rupa hingga hukum. Menempati peringkat 14 nasional dan 2.367 peringkat internasional.

1. Universitas Diponegoro Semarang
Universitas Diponegero atau sering disebut UNDIP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia saat ini. UNDIP sendiri terletak di kota Semarang dan sekitarnya. Lokasi kampusnya sendiri tersebar di kota Semarang dan Jepara serta terbagi menjadi 7 titik lokasi. Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Diponegoro telah memiliki 11 Fakultas dan satu program pasca sarjana, dengan rincian 21 Program Studi Diploma III (D3), 49 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3). Menempati rangkin 6 nasional dan 1.528 posisi internasional. (MJ-16)