DEMAK, Mediajateng.net – Jelang hari pemungutan suara, suhu politik di tanah air kian memanas, berbagai cara dilakukan aparat baik TNI maupun Polri untuk meredam gejolak politik di wilayahnya masing – masing , salah satunya yang dilakukan oleh Kodim 0716 Demak , dengan menggelar lomba memancing, Minggu (17/3/2019).

Lomba memancing memperebutkan piala Dandim Demak tahun 2019 yang berlangsung di Desa Jatirogo , Kecamatan Bonang, Demak itu, diikuti oleh ribuan pemancing dari berbagai daerah seperti Kudus, Semarang, Purwodadi, Jepara, Tegal dan pemancing lokal Demak.

Hadiah uang tunai jutaan rupiah dapat dibawa pulang oleh peserta mancing mania , bagi mereka yang berhasil mendapatkan ikan dengan timbangan paling berat maupun ikan bertanda khusus.

Komandan Kodim 0716 Demak, Letkol Infantri Abi Kusnianto mengatakan , selain dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Demak ke 516, Lomba Mancing Dandim Cup 2019 juga sebagai ajang silaturahmi antara TNI dan warga , khususnya penggemar mancing serta mempererat tali persaudaraan dan refreshing sejenak dari hiruk pikuk Pemilu 2019.

“Ya , acara mancing ini untuk menjalin komunikasi seluruh lapisan masyarakat. Menghilangkan semua sekat – sekat yang ada. Kita membaur bersama, rekreasi bersama, kita nikmati kebersamaan dan keceriaan ini, sehingga bisa bikin susasana sejuk di Kota Wali tercinta,” kata Dandim Abi.

Ribuan pemancing terlihat antusias mengikuti lomba memancing ini, bahkan banyak yang mengajak serta keluarganya. Suasana memancing di kolam pancing Desa Jatirogo itu penuh keakraban, mesti tak saling mengenal mereka saling bercanda dan menyemangati peserta lainnya yang belum mendapatkan ikan.

“Ayo Kang, pancinge di uncalke seng adoh. Nek iwake gak gelem mangan, pangan dewe umpane (Ayo Kang, pancingnya dilempar yang jauh. Kalau ikannya tidak mau makan, dimakan sendiri umpannya),” teriak Iswanto peserta asal Semarang menyemangati salah satu peserta yang belum mendapat ikan sama sekali.

Waktu terus berpacu dan hari bertambah siang, meski cuaca semakin panas, namun tak mengurangi semangat para peserta mancing mania untuk terus melempar joran pancingnya dan menunggu umpannya dimakan ikan. Terlebih peserta mendapat suguhan hiburan musik dangdut khas pesisiran dan di sela-sela memancing panitia juga membagikan ratusan doorprize bagi peserta yang beruntung.

“Alhamdulillah, animo masyarakat cukup tinggi, ada 1500 peserta yang ikut lomba memancing ini. Sebanyak 400 kilogram ikan kami sebar di kolam pancing ini untuk memanjakan para pemancing, ada ikan bawal, nila dan gurami,” jelas Dandim Abi.

Tampil sebagai juara pertama Lomba memancing Dandim Demak Cup 2019 ini , diraih oleh Niko pemancing asal Kota Semarang yang mendapatkan ikan gurami seberat 1,010 kilogram dan berhak mendapatkan uang senilai Rp 10 juta.

Juara kedua, dengan hadiah senilai Rp 5 juta diraih oleh Harto asal Purwodadi setelah berhasil mendapatka ikan gurami seberat 0,930 kilogram. Dan Lukman pemancing asal Wedung , Demak berhasil membawa pulang hadiah senilai Rp 2,5 juta dan dinobatkan sebagai juara ketiga setelah berhasil mendapatkan 0,890 kilogram ikan gurami.