Sulut semangat juang, Babinsa gembleng pelajar SMA . Foto : Dokumen Kodim 0733 BS

SEMARANG, Mediajateng.net- Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Pepatah lama penyemangat yang dikumandangan Proklamator Ir Soekarno hingga saat ini terus jadi pegangan. Kekuatan pemuda yang selalu dapat diandalkan, menjadi sumber utama kekuatan dan perjuangan.

Dijaman serba instan, tidak jarang pemuda menjadi lemah karena dimanjakan situasi.

Karenanya, dengan harapan terciptanya pemuda yang tangguh, Bintara Pembisa Desa (Babinsa) Kodim 0733 BS Semarang, turun langsung guna membakar semangat juang sejumlah siswa di Kota Semarang.

Dengan menekankan perlunya jiwa dan raga yang sehat, diharapkan pemuda akan siap saat negara membutuhkan tenaga mereka.

Salahsatu landasan perjuangan yang diperlukan yakni rasa kecintaan pada Negara. Dengan langsung terjun pada kegiatan sekolah maka Babinsa yang didik secara militer mampu membangkitkan semangat juang siswa.

Tidak saja pada fisik, namun peningkatan semangat juang siswa juga ditingkatkan dengan menanamkanpemahaman positif tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dari Babinsa Kodim 0733 BS Semarang.

“Pemahaman pentingnya kecintaan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diberikan melalui berbagai kegiatan seperti ekstra kurikuler Paskibraka, Pramuka maupun melalui amanat upacar bendera,” Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega, Senin (4/3).

Kepada Mediajateng.net, Senin (26/3/2018) dijelaskan, asupan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara tersebut menurut Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega merupakan upaya melandasi generasi muda dengan nilai-nilai cinta tanah air.

“Siswa diajarkan kesiapan diri ketika negara membutuhkan. Tidak hanya dalam perang fisik, namun dalam segi keilmuan yang dimiliki,” tambahnya.

“Bela negara itu tidak saja semangat menghadapi musuh saat perang, melainkan melakukan upaya-upaya yang berdampak positif bagi kepentingan bangsa dan negara,” kata Komandan Kodim Kolonel Inf M Taufiq Zega.

Salah satu kegiatan pendalaman wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dilakukan di SMA Kolese Loyola Semarang setiap Senin usai jam sekolah.

Pelajar yang mengikuti ekstra kurikuler Pasibraka mendapatkan pembekalan baris-berbaris militer. Dengan mengenal gerakan baris berbaris, siswa diharapkan mengenal kedisiplinan yang mampu memunculkan kekompakan.

Selain iti, juga diberika bekal kelas berupa materi Cinta Tanah Air, Pewaspadaan Nasional hingga Bahaya Narkoba.

Materi disampaikan Serda Mintono dan Sertu Supriyono anggota Babinsa Koramil Semarang Tengah, pimpinan Mayor Inf Harton SPd.50/mj