Bhayangkari Res Grobogan Memfasilitasi Pengurusan Adminduk Anak

GROBOGAN, Mediajateng.net – Persatuan istri polisi atau yang akrab disebut Bhayangkari Res Grobogan memfasilitasi pengurusan administrasi kependudukan anak (Adminduk). Adminduk ini meliputi Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK). Hal ini merupakan bentuk bantuan untuk mempercepat kepemilikan dokumen administrasi kependudukan warga yang berdomisili di Kabupaten Grobogan. Bantuan ini diberikan bertepatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari 2018, Rabu (1/8/2018).

Dalam kegiatan ini, sejumlah 40 KIA dan KK diserahkan kepada warga Grobogan di Aula Jananuarga Mapolres Grobogan. Dalam penyerahan itu, Ketua Bhayangkari Grobogan Ny Keumala El Atiq memberikan KIA dan KK tersebut secara simbolis.

Dalam sambutannya, Keumala, sapaan akrabnya, mengatakan bantuan fasilitas pembuatan Akta Kelahiran dan KIA serta perahan data KK tersebut dilakukan untuk membantu percepatan data adminduk di Kabupaten Grobogan.

“Sebanyak 40 anak kami berikan KIA dan Akta Kelahiran yang dicetakkan langsung di Dinas Kependuduan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Grobogan Sementara KK yang telah diubah datanya kami serahkan pada orang tuanya dan mereka ini berasal dari 19 kecamatan,” papar wanita berdarah Aceh ini.

Penyerahan bantuan fasilitas Adminduk ini disaksikan langsung Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq dan Wakapolres Kompol Nyamin serta Ka Dispendukcapil Grobogan, Moh Soesilo.

“Saya berharap kerjasama seperti ini akan terus berlanju dan dapat ditingkatkan lagi di masa yang akan datang,” ungkap Keumala.

Ditambahkan juga, setiap anak yang baru saja lahir harus ada tiga hal yang diperhatikan orang tuanya yaitu pembuatan dokumen kependudukan seperti Akte Kelahiran, KIA, dan pembaharuan data dalam KK.

“Kami juga kerja sama dengan beberapa pihak seperti puskesmas dan bidan desa untuk membantu proses pembuatan Akta Kelahiran serta KIA. Selama ini sudah berjalan dengan baik,” tambahnya.

Dia menjelaskan, setiap ada anak lahir ada tiga yang harus diperhatikan orang tua, yakni pembuatan Akte Kelahiran, KIA dan pembaharuan data dalam KK. Pihaknya memprogramkan tiga dokumen tersebut diserahkan sekaligus pada warganya.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq ikut mengapresiasi langkah yang dilakukan Bhayangkari Grobogan. Menurutnya, saat ini banyak keperluan yang mengeluarkan persyaratan berupa kepemilikan dokumen kependudukan.

’’Untuk mendaftar sekolah, melamar pekerjaan, dan hingga keperluan perbankan saat ini harus menggunakan dokumen kependudukan itu. Dokumen tersebut pun harus terus dilakukan pembaharuan bila ada perubahan dalam data tersebut,’’ ujar Kapolres. (Ag-MJ)