PEKALONGAN, Mediajateng.net-

Pengalokasian hingga penggunaan anggaran dena desa diawasi secara ketat. Tidak saja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Warga, namun Kepolisian juga melakukan pengawasan dana yang mulai dikucurkan setelah munculnya Undang-undang Desa tahun 2016 lalu.

Seperti di Pekalongan, Kepala Kepolisian Sektor Doro, Polres Pekalongan AKP Suharyoso, SH bersama anggota Bhabinkamtibmas ikuti rapat pembahasan terkait penggunaan anggaran Desa. Selasa ( 31/10/2017 ).

Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas tentang Anggaran Dana Desa ( ADD ) dilaksanakan di kantor Kecamatan Doro dan dihadiri Kapolsek Doro, Camat Doro, Kades se-Kecamatan Doro dan Bendahara Desa se-Kecamatan Doro.

Kapolsek Doro mengatakan bahwa jangan sampai dana desa diselewengkan atau digunakan untuk kepentingan pribadi dengan alasan apapun. “Karena itu merupakan tindakan yang melanggar hukum,” ungkapnya.

“Kami berpesan sekaligus menekankan kepada pihak-pihak yang mendapatkan amanah untuk kepentingan masyarakat ini agar transparan, pasang Balihoatau MMT berisikan besaran dan alokasi dana Desa, rencana penggunaan anggaran dan realisasi penggunaan anggaran sebagai bentuk transparansi,” kata Kapolsek Doro.

Mendukung pengawasan dana desa, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Doro Polres Pekalongan membantu kepala desa melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa di Desa wilayah.

“Bhabinkamtibmas akan selalu mengingatkan kepada Kepala Desa mengenai transparansi dan peruntukan dana yang dialokasikan untuk masyarakat dan pembangunan di desa setempat. Dengan begitu selain Babhinkamtibmas, masyarakat juga bisa ikut mengawasi,”ungkap Kapolsek Doro.