Betara Kala Jadi Tokoh Perangko Terbaru

21
perangko

SEMARANG, Mediajateng.net – Kisah legenda Jawa kuno saat gerhana matahari tiba, yakni betara kala yang memakan matahari hingga dunia gelap gulita, diangkat oleh PT.Pos Indonesia dalam sebuah perangko. Perangko jenis ini dibagi menjadi tiga jenis visual atau seri dengan gambar berbeda yakni sebelum, saat totalitas gerhana, dan sesudahnya. Proses itu disertai ilustrasi mitos Batara Kala, sesosok raksasa yang memakan matahari. Sebagaimana diungkapkan Petugas loket filateli Kantor Pos Semarang, Riva Pramustika, kemarin.

“Perangko seri gerhana telah dikirim ke Kantor Pos Semarang pada 23 Februari lalu, dengan tiga jenis produk yakni perangko, one day cover atau sampul hari pertama, dan souvenir sheet. Meski demikian, tapi belum semuanya datang. Hanya perangko saja yang datang, dua produk lainnya belum dikirim,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam satu seri terdapat tiga perangko dengan gambar dan proses gerhana yang dimakan batarakala. Satu perangko dijual dengan harga Rp 3 ribu, prangko edisi khusus tersebut dalam rangka menyambut peristiwa dan fenomena langka gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang.

“Perangko full sheetnya ada 24 perangko, sementara untuk one day cover atau sampul hari pertama dijual dengan harga sekitar Rp 12 ribu, souvenir sheet yang dihiasi gambar proses matahari dimakan betara kala serta ilustrasi warga yang memukul kentongan dihargai sekitar Rp 15 ribu. Animo warga untuk edisi ini pun sudah cukup besar.
“Orang yang bukan pengkoleksi perangko sudah banyak yang nyari. Sedangkan kolektor perangko atau filateli sudah pesan one day cover dan souvenir sheet nya,” pungkasnya. (MJ 069)

Comments are closed.