DEMAK, Mediajateng.net – Guna meningkatkan pengetahuan tentang busana, SMKN 1 Sayung , Demak, mendatangkan langsung pakar di dunia desain busana, Adi Barlan, Kamis (17/1/2018). Fashion Designer Nasional itu berbagi ilmunya kepada ratusan siswi Jurusan Tata Busana.

Selain memberikan motivasi kepada para siswi , desainer kondang asal Jakarta yang sudah berpengalaman di bidang desain busana itu, juga memberikan tips bagaimana membuat desain yang baik dan cepat.

Menurut Adi Barlan, banyak teknik mendesain untuk membuat sebuah busana yang bagus , salah satunya Teknik Kolase. Teknik Kolase dalam fashion yaitu membuat kumpulan – kumpulan gambar sebagai sumber ide.

Kolase yang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan desain baru atau biasa disebut dengan moodboard. Dari moodboard ini di bentuk desain baru sehingga menarik, artistik dan berdimensi.

“Teknik Kolase fashion ini bagus diajarkan pada anak – anak. Selain cepat anak – anak juga dapat menemukan ide baru dan mengembangkan imajinasinya,”katanya.

Tidak hanya berteori, Adi juga mengajak para siswi untuk mempraktekan langsung ilmu yang diberikannya. Selain Teknik Kolase fashion , Adi Barlan juga mengajarkan teknik mendesain yang proposional, detail, bagus dan cepat.

“Saya senang bisa sharing ilmu disini. Apa yang bisa saya berikan akan saya ajarkan, apalagi ini untuk dunia pendidikan. Kebetulan saya juga punya program Adi Barlan Go To SMK,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Sumaryani, Ketua Kompetensi Keahlian Tata Busana , SMKN 1 Sayung, menuturkan, pihaknya sengaja mendatangkan langsung pakar desain busana untuk meningkatkan pengetahuan siswinya tentang busana, agar selaras dengan dunia industri yang terus berkembang.

“Cara mendesain busana yang selama ini dipelajari di sekolah, tentunya berbeda dengan yang dilakukan oleh desainer profesional. Untuk menjembatani itu , agar siswa memperoleh pengalaman mendesain busana, kita hadirkan langsung pakarnya,” tuturnya.