SEMARANG, Mdiajateng.net – Peresmian Fakultas Kedokteran Universitas Semarang (USM) tertunda. Pasalnya izin dari Kementrian Riset dan Tekonologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) belum keluar.

Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Ir Joetata Hadihardaja mengaku menyayangkan hal tersebut.  Izin tersebut kata dia terganjal karena adanya pembatasan pembukaan fakultas kedokteran untuk tingkat universitas. Padahal pada tahun 2014 lalu, pihak USM telah menggeber proses perijinan sebelum pembatasan tersebut. “Gedung sudah kami persiapkan, bahkan kami telah mempersiapkan sesuatunya. Terganjalnya izin ini tentu menghambat USM untuk mengusahakan pendidikan kedokteran yang terjangkau,” katanya disela-sela prosesi Wisuda ke 52 USM, kemarin.

Sebenarnya, pihak USM telah mempersiapkan pengajar yakni 26 dokter yang terdiri dari 10 dokter lulusan strata 2 dan 16 dokter spesialis. Pihaknya juga berencana membangun sebuah rumah sakit untuk praktik di sekitar relokasi Pasar Johar atau daerah Masjid Agung Jawa Tengah. “Targetnya bergantung pemerintah memeriksanya kapan, setelahnya baru diberikan rekomendasi dan diberikan surat keputusan (SK) dari Kemendikti. Menurut informasi, saat ini masih ada kempatan sehingga secepatnya kami usahakan,” jelasnya. (MJ-069)

1 KOMENTAR

Comments are closed.