Bel;ajar asyik, sejumlah siswa konsen mendengarkan pemaparan terkait pemanfaatan office di kampus USM. foto : Wahyu

SEMARANG, Mediajateng.net- Makin gencarnya serangan teknologi, menuntut semua pihak untuk lebih bersiap dalam memanfaatkannya. Agar tidak terjerumuspada hal-hal negatif, sejak dini siswa perlu dibekali pemahaman terkait teknologi informasi yang muncul.

Karenanya, dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi (TI) yang begitu pesat, semua jenjang pendidikan juga harus wajib mengikuti perkembangan TI. Hal tersebut menjadi latar belakang Universitas Semarang (USM), merasa ikut bertanggungjawab guna memberikan benteng bagi generasi masa depan. Salahsatunya dengan menggelar kegiatan Pelatihan Office Dasar Bagi Siswa Sekolah Dasar (SD) Muktiharjo 01 Semarang.

Pelatihan untuk ciptakan siswa plus, dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2019 dan 24 Maret 2019, di laboratorium Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK). Selain itu, kegiatan ini dirasa dapat mengarahkan ke hal positif dalam penggunaan perangkat TI.

Kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Semarang yang diisi dengan pelatihan penggunaan fitur-fitur di pada perangkat lunak Office.

Pelatihan dilakukan Tim Pengabdian Vensy Vydia, M.Kom., Tirta J Kumkamdhani S.Kom, MM. dan Ahmad Rifai, M.Kom. dari Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM).

Kegiatan yang dihadiri 40 siswa SD Muktiharjo 01 Semarang ini dibuka dengan pengenalan perangkat lunak Office oleh Vensy Vydia, M.Kom yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung penggunaan Office dan diakhiri dengan evaluasi. Diharapakan pelatihan ini selain mengarahkan penggunaan computer secara posfitif, juga memberikan wawasan kepada siswa penggunaan perangkat lunak perkantoran.

Respon baik ditunjukan pada peserta kegiatan dimana beberapa peserta sudah menyelesaikan semua latihan pada modul yang diberikan. Selain itu peserta juga mendapatkan pengetahuan, pengalaman dalam menggunakan perangkat lunak perkantoran. Karena kedepan hampir semua lini akan menggunakan TI dalam menunjang operasi maupun proses bisnis.mj/50