SEMARANG, Mediajateng.net – Petugas Polsek Semarang Tengah berhasil menangkap Fizdu Birahman (25) pengedar uang palsu. Dirinya nekad mengantongi uang palsu senilai Rp4 juta dengan dalih terdesak kebutuhan hidup.
Warga asli Jakarta yang tinggal di kawasan Ngaliyan, Kota Semarang ini membeli uang palsu Rp4 juta seharga Rp1 juta. “Saya terdesak bayar hutang, sama kebutuhan hidup, karena gaji sebagai karyawan angkasa pura Bandara Ahmad Yani tidak mencukupi,” kata Fizdu saat gelar perkara di Polsek Semarang Tengah, Kamis (21/7).
Tersangka Fizdu mengatakan, uang palsu pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu ini dibeli melalui seseorang bernama Yuda melalui media sosial Facebook. “Saya coba browsing di Facebook, ternyata ada yang jual. Saya beli satu banding empat, Rp 1 juta uang asli ditukar Rp4 juta uang palsu,” ujarnya.
Setelah cocok dengan harganya Fizdu sepakat untuk bertemu dengan Yuda di depan Kampus Udinus, Jalan Imam Bonjol, Semarang. Setelah uang palsu didapat, Fizdu langsung membelanjakan uang dengan membeli telepon genggam seharga Rp900 ribu.
Sisa uang palsu lalu dibawa pulang ke rumahnya di Ngaliyan. Karena takut, Fizdu pun membuang uang palsu tersebut ke atas genteng. Celakanya, pemilik toko handphone yang diberi uang palsu langsung melaporkan Fizdu ke Polisi.
Setelah dilakukan penyelidikan petugas berhasil menangkap fizdu di rumahnya beserta barang bukti sisa uang palsu yang dibuang di atas genteng rumah. (MJ-303)

1 KOMENTAR

Comments are closed.