Belanja Idul Fitri, Pemkot Semarang Imbau Warga Gunakan Aplikasi Go Shop

0

SEMARANG, mediajateng.net – Tinggal menunggu hari, umat muslim akan memperingati Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Di tengah pandemik corona ini, tradisi masyarakat yang kerap mempergunakan waktu jelang Idul Fitri untuk berbelanja harus diwaspadai, sebab anjuran pemerintah untuk physical distancing masih berlaku.

Adanya hal ini, Pemerintah Kota Semarang mengimbau kepada warganya untuk berbelanja melalui aplikasi Go Shop. Aplikasi yang berada dalam jaringan Gojek ini mampu menghubungkan warga Kot6a Semarang secara daring dengan ribuan pedagang di tujuh pasar rakyat di Kota Semarang.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY Arum K Prasodjo mengatakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan terasa berbeda dengan Idul Fitri pada tahun sebelumnya. Dimana, biasanya setiap tahun pasar rakyat akan ramai dengan masyarakat yang membeli kebutuhan pokok.

“Namun, di tahun ini kita harus berusaha tetap di rumah. Untuk itulah kami mendukung semangat kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkot Semarang, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang bersama dengan Gojek. Layanan GoShop turut membantu mitigasi penyebaran pandemi COVID-19, dengan mendorong masyarakat untuk belanja secara daring hanya melalui genggaman tangan, dan tidak berkerumun di pasar rakyat,” jelas Arum, dalam rilisnya.

Sebagaimana diketahui, dalam situasi yang penuh tantangan saat ini Gojek melalui layanan belanja GoShop juga turut semakin berperan dalam meningkatkan keselamatan. Salah satunya dengan jaga jarak aman untuk meminimalisir kontak fisik langsung.

Beragam kanal digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan COVID-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra. GoShop telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra usaha dan mitra driver agar pelanggan tetap di rumah saja.

Solusi

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang Fravarta Sadman, menjelaskan salah satu layanan super app Gojek yaitu GoShop merupakan solusi untuk mencegah penularan COVID-19 dengan mengurangi kerumunan di pasar.

“Menjelang hari raya Idul Fitri, sudah menjadi kebiasaan masyarakat banyak berbelanja kebutuhan pokok ke pasar-pasar rakyat. Kami melakukan berbagai inisiatif dan terobosan sehingga perputaran ekonomi masyarakat harus tetap berjalan dengan cara yang sehat dan cerdas.”

“Salah satunya bekerjasama dengan Gojek dengan layanan GoShop-nya yang telah kami lakukan di tujuh Pasar Rakyat Kota Semarang. Mengingat animo masyarakat yang baik, Pemkot Semarang terus mendorong masyarakat untuk berbelanja di pasar-pasar rakyat lainnya di kota Semarang dan sekitarnya agar denyut kehidupan dan ekonomi masyarakat dapat tetap berjalan, dan tentunya layanan GoShop ini juga menjadi alternatif solusi agar masyarakat dapat tetap aman berbelanja di rumah saja,” jelas Fravarta.

Warga Kota Semarang juga tak perlu khawatir dalam menggunakan layanan ini sebab prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi COVID-19.

Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (GoFood, GoShop, dan GoSend) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver. Sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan Gofood, GoShop dan GoSend.

Aplikasi Go Shop ini dapat menjangkau tujuh pasar rakyat di Kota Semarang. Antara lain, Pasar Peterongan, Pasar Pedurungan, Pasar Karangayu, Pasar Jatingaleh, Pasar Banyumanik, Pasar Gayamsari dan Pasar Mrican. (50/mj)