SEMARANG, Mediajateng.net – Sejumlah mahasiswa dan wirausahawan muda dari berbagai kampus di Semarang mengadakan acara ‘Forum Berbagi’ sekaligus berbuka puasa bersama di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). Acara yang diadakan oleh Kolaborasi Positif bekerja sama dengan Opini.id ini berlangsung santai.

Koordinator Kolaborasi Positif Dimas Oky Nugroho mengatakan bahwa pertemuan ini menjadi krusial pada saat ini dimana jumlah anak muda usia produktif Indonesia bertambah besar dan membutuhkan perhatian. Dialog-dialog pemuda secara langsung menurutnya dibutuhkan untuk mendorong partisipasi dan ekspresi yang positif.

“Pola komunikasi anak muda saat ini didominasi oleh media sosial. Ada positif dan negatifnya. Pertemuan-pertemuan langsung masih kita butuhkan untuk menggerakkan dan memberdayakan potensi anak muda,” jelas Dimas dalam keterangannya, Sabtu (26/5).

Menurut Dimas yang juga pendiri sekolah pemimpin anak muda Kader Bangsa Fellowship Program ini kehadiran anak-anak muda hebat ini telah menumbuhkan optimisme baru untuk Indonesia.

“Mereka bekerja dan berjuang secara mandiri, jika pun ada fasilitas atau bantuan dari negara atau pihak swasta mungkin sangat terbatas namun mereka mampu mengatasi problem-problemnya dan mewujudkan mimpi-mimpinya secara gemilang,” ujar Dimas.

Selain itu, masih dari penuturan Dimas, Kolaborasi Positif ini juga membangun jaringan anak muda kreatif dan produktif baik di akar rumput maupun media sosial.

“Kolaborasi Positif berencana untuk mendukung dan membuat kerja bareng dengan anak-anak muda kreatif,” lanjutnya.

Sementara itu, pengusaha muda sekaligus pemilik kafe susu It’s Milk, M Faizal Hidayat berharap ada perubahan positif dalam diri para generasi milenial untuk berani memulai usaha.

“Anak muda harus memiliki keberanian untuk memulai dan menjadi mandiri. Jika tak bisa dilakukan sendiri maka lakukanlah secara bersama”, ujar alumni Universitas Negeri Semarang ini.

Salah satu peserta diskusi yang juga pemilik Co-Working Space 3/4, Emir Hartri Putra, menyatakan dukungannya terhadap acara dialog-dialog positif yang mempertemukan anak-anak muda kreatif.

“Harapannya semangat kolaborasi bisa kita hadirkan di seluruh lini anak muda. Together we strong!,” tutur Emir yang juga alumni Universitas Diponegoro ini.

Proyek Kolaborasi Positif didukung serta bekerja sama dengan Opini.id, sebuah platform media kekinian yang berbasis di Jakarta. Program ini menjalankan sejumlah acara pertemuan dengan pemimpin-pemimpin kreatif anak muda di sejumlah kota.

Di Semarang, jaringan mahasiswa-pengusaha muda Semarang yang hadir antara lain Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Wahid Hasyim, dan Universitas Sultan Agung.