DEMAK, Mediajateng.net – Ratusan anak usia dini bersukaria mengekspresikan bakat dan minatnya di panggung Gebyar PAUD tingkat Kabupaten Demak, Kamis (3/5/2018 ).

Acara yang berlangsung di Taman Ria Demak itu, diikuti oleh siswa Taman Kanak Kakak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS) serta Taman Penitipan Anak (TPA).

Dengan penuh semangat, anak – anak PAUD itu mengikuti berbagai jenis festival, mulai dari Tari Jaranan, Tari kreasi, geguritan, pinalty kick dan meronce dengan pola, mencap dengan bahan alam, melipat, dan bakiak.

Peraduan olah tubuh dan kreasi seni dan budaya lokal itu, dimaksudkan agar sejak dini anak anak mendapat stimulasi di bidang seni, motorik dan kognitif.

Bupati Demak, M Natsir, yang hadir dalam acara yang mengusung tema Pendidikan Anak Usia Dini Mempersiapkan Generasi Berkarakter dan Berakhlak Mulia Menuju Indonesia Emas, berkenan membuka acara tersebut.

“Pesertanya merupakan kontingen kecamatan yang sudah lolos seleksi sebelumnya, ” Kata Anjar Gunadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak.

IMG-20180503-WA0032

Selain berbagai festival gebyar PAUD, anak anak juga menyuguhkan pertunjukan teatrikal Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku).

Sebagai upaya menyukseskan program nasional Gernas Baku yang serentak dilaksanakan tanggal 5 Mei 2018.

Bupati Demak, M Natsir, mengapresiasi acara tersebut. Gebyar PAUD tersebut selain sebagai sarana silaturahmi , juga sebagai ajang bersosialisasi dan berinteraksi anak – anak dengan dunia luar.

“Kalau di sini anak anak anteng (diam) semua bukan berarti tidak bisa menikmati acara ini lho. Ayo, bu gurunya mengajak anak anak untuk bersemangat biar ramai,” kata Natsir.

Sebagai upaya memperluas wahana bermain ramah anak, Bupati Natsir juga membuka Taman Pendopo untuk digunakan sebagai area bermain dan meningkatkan kreativitas anak. Dan sekaligus sebagai sarana wisata edukasi.

“Silakan, bu guru ajak anak anak bermain di Taman Pendopo, biar tempatnya ndak sepi lagi. Ada air mancurnya juga lho,” terangnya.

Sementara itu, Afida Aspar, Kabid PNF Dindikbud Demak, juga menyampaikan bahwa di usia PAUD inilah, saat yang tepat untuk menanamkan cinta tanah air dan budayanya.

“Sebuah negara kuat karena budayanya. Anak anak usia dini inilah yang akan menjaga keutuhan budaya kita menuju Indonesia emas,” harapnya.