Semarang, Mediajateng.net, Siapa bilang berkunjung ke museum menjadi hal yang membosankan bagi masyarakat. Terbukti setiap tahun tingkat kunjungan masyarakat untuk datang ke museum khususnya di wilayah Jawa Tengah, terus mengalami peningkatan.

Untuk itulah, memeriahkan Hari Nasional Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2018, PT Kereta Api Indonesia menggelar kegiatan bertajuk “Festival Hari Museum Indonesia”.

Menurut Deputy Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang, Asdo Atrivianto, kegiatan festival ini juga digelar khusus untuk generasi milenial yang sedemikian sibuk dengan gadgetnya.

“Agar generasi milenial semakin mengenal bahwa Indonesia sangat kaya akan sejarah. Semakin mendekatkan dunia museum kepada mereka, sehingga rangkaian kilas sejarah bisa tetap lestari dan tidak terputus antara generasi sekarang dengan generasi yang akan datang.” tegas pihaknya.

Festival Hari Museum Indonesia bertempat di Historic Building Lawang Sewu kawasan Tugu Muda Semarang , berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 12 – 14 Oktober 2018 mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Didalamnya akan banyak gelaran mulai dari sharing session museum bersama narasumber kompeten bidangnya, termasuk lomba cerita sejarah dan permainan tradisional.

Animo masyarakat untuk berkunjung ke Museum Lawang Sewu, berdasarkan data yang masuk pada periode 1 Januari 2018 hingga 11 Oktober 2018 berjumlah total 797.626 pengunjung. Begitu pula untuk mereka pengunjung yang datang ke Museum Ambarawa mencapai angka 203.417 orang.

“Di museum Ambarawa sendiri tercatat ada sekitar 79 ribu pengunjung menikmati fasilitas menggunakan KA wisata Ambarawa.Tahun lalu, kunjungan ke museum mampu mencapai angka fastastis sebanyak 1 juta orang.” tutup Suprapto  selaku Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang