WONOSOBO, Mediajateng.net – Puluhan personel Polres Wonosobo menjalani assessment center  yang dinilai langsung oleh tim assessor dari Polda Jawa Tengah, Selasa (5/6). Dihadiri pejabat Biro SDM Polda Jawa Tengah, proses rekrutmen jabatan kanit di lingkungan Polres Wonosobo dilaksanakan di ruang computer SMK N 1 Wonosobo.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bagian Pembinaan Karir Biro SDM Polda Jawa Tengah, AKBP I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.Si., mengungkapkan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kapolres Wonosobo atas terobosan kreatif rekrutmen jabatan perwira dengan metode assessment center.
Menurut AKBP Wayan, proses rekrutmen dengan metode ini bisa menggambarkan secara jelas situasi yang mirip dengan suatu posisi pekerjaan sehingga mampu menstimulasi tingkah laku dalam bekerja.
Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras, S.I.K., saat ditemui usai pembukaan assessment center mengungkapkan bahwa rekrutmen jabatan terbuka dengan metode ini bisa dibilang program baru bagi Polres-polres di Jawa Tengah.
“Menentukan jabatan kanit memang kewenangan Kapolres, tetapi saya tidak ingin salah pilih pengemban jabatan kanit. Maka dari itu perekrutan diadakan secara terbuka dengan metode assessment center ini,” ungkap Kapolres.
Lebih lanjut Kapolres berharap dengan metode penilaian ini, pengemban jabatan Kanit di lingkungan Polres Wonosobo merupakan personel yang betul-betul memiliki kemampuan di bidang tersebut.
“Dari hasil penilaian oleh tim dari Polda Jateng nanti akan diketahui tingkat kemampuan para personel yang ditunjuk, kemudian hasil itu akan menjadi dasar untuk proses perekrutan pengisi jabatan kani t baik di tingkat Polsek jajaran maupun Polres Wonosobo,” tutup Kapolres.