DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 860.945 pemilih , tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) pemilu 2019.

Jumlah tersebut dimungkinkan masih bisa berkurang maupun bertambah, seiring adanya Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP).

Hal itu dikatakan oleh Bambang Setyabudi , Komisioner KPU Demak, Divisi Perencanaan dan Data, seusai acara Gerakan Melindungi Hak Pilih, Rabu (17/10/2018).

Acara yang berlangsung di Kantor KPU Demak tersebut dihadiri okeh Bawaslu Demak, perwakilan partai politik peserta pemilu dan sejumlah tamu undangan.

Menurut Bambang,
GMHP merupakan bagian gerakan nasional untuk mengakomodasi pemilih yang memenuhi syarat, akan tetapi tidak masuk dalam DPT.

” Dengan adanya gerakan ini, DPT kita bisa saja berkurang atau bertambah,” katanya.

Melalui GMHP yang terhitung sejak tanggal 1 – 28 Oktober, KPU Demak selain pendataan pemilih baru, juga melakukan pembersihan data pemilih invalid dan tidak standard. Juga penghapusan pemilih tidak memenuhi syarat, seperti meninggal dunia maupun pemilih ganda.

Berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak, dari
Kementerian Dalam Negeri, tercatat ada 10.000 – 15.000 pemilih pemula di Kabupaten Demak.

“Akan tetapi , tidak semua pemilih pemula tersebut masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019,” ungkapnya.

” Melalui GMHP ini, kita memastikan pemilih baru yang belum terdaftar sebagai pemilih, segera masuk DPT,” bebernya.

Sebagai bentuk terobosan, KPU Demak bekerjasama dengan Disdukcapil Demak, memfasilitasi pemilih baru yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, dengan membuka perekaman E – KTP.

Selama dua hari terhitung 17 – 18 Oktober, masyarakat yang akan melakukan perekaman KTP elektronik bisa dilayani mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Seperti diketahui, E – KTP ini sebagai syarat pemilih yang tidak dapat undangan C6. Mereka yang tidak mendapat undangan dapat menunjukan E – KTP pada saat pemungutan suara.

” GMHP upaya kami menyelamatkan suara pemilih untuk pemilu 2019 berkualitas dan lebih baik,” pungkasnya.