Baznas Menggelar Bimbingan Teknis Penyembelihan Hewan Unggas Secara Syar`i

Purwokerto, meiajateng.net – Untuk meningkatkan kompetensi pengusaha ayam potong yang sesuai syariat, Baznas menggelar bimbingan teknis terkait penyembelihan hewan ungags secara syar`i. Kegiatan bimbingan tersebut dilaksanakan Baznas Kabupaten Banyumas bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyumas. Acara dihadiri Ketua MUI Banyumas, Drs. KH Taefur Arofat M.Pd.I dengan narasumber Gus Ircham dari MUI Banyumas dan Darmawan sebagai juru sembelih halal Kabupaten Banyumas.

Wakil Ketua 4 Baznas Kabupaten Banyumas, Khasanatul Mufidah mengungkapkan bahwa bimbingan teknis ini mengundang para pedagang ayam potong yang ada di eks kotatip Purwokerto.

“Untuk tahap pertama, kita coba undang untuk ex-kotip sebanyak 50 orang. Jadi, pedagang potong ayam yang ada di pasar-pasar se ex-kotip kita berikan pelatihan bagaimaa caranya menyembelih hewan yang halal, baik, dan aman terutama dikonsumsi oleh warga muslim,” jelas Khasanatul Mufidah Rabu 29 September 2021.

Para peserta diberikan fasilitas berupa pisau sembelih, piagam keikutsertaan, dan banner tempat usaha.

“Adanya banner binaan Baznas dan MUI, meskipun belum sertifikasi tapi secara teknis mereka sudah sesuai dengan syariat, mudah-mudahan itu akan mendongkrak omset atau peningkatan usaha potong ayam di Kabupaten Banyumas terutama menarik konsumen dari yang muslim,” lanjutnya

Kegiatan Bimbingan Teknis Penyembelihan Hewan Secara Syar`i ini diharapkan pedagang atau pengusaha ayam potong yang ada di Kabupaten Banyumas secara teknis meningkat, dan dari sisi kehalalan dan kebersihan produk jadi lebih aman. Selain itu, masyarakat muslim Kabupetan Banyumas ketika mengonsumsi ayam menjadi lebih aman secara syar`i. (MJ/50)