DEMAK, Mediajateng.net – Bawaslu Provinsi Jateng, mengajak seluruh anggota Pramuka di Kabupaten Demak, agar ikut terlibat aktif dalam pengawasan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Kami berharap kawan – kawan (Pramuka) disini bisa ikut berpartisipasi untuk pengawasan Pemilu, karena Pemilu adalah milik kita semua, “kata Sri Sumanta, Komisioner Bawaslu Jateng, Divisi Sumber Daya Manusia, saat memberikan materi Bintek Pengawasan Pemilu Partisipatif Kepada Masyarakat dan Pramuka, pada Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019, Jumat ( 5/10/2018).

Acara yang berlangsung di Hotel Amantis, Demak, tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh beserta Komisioner Bawaslu Demak dan dihadiri ratusan anggota Pramuka Kabupaten Demak.

Para anggota Pramuka,diharapkan ikut berpartisipasi menjadi pengawas partisipatif dalam pemilu. Pengawas Partisipatif inilah, nantinya diharapkan menyampaikan informasi, misalnya di daerahnya sedang terjadi bagi-bagi sesuatu, bisa juga uang atau bahkan barang dapur.

“Kawan – kawan semua tahu kan, tidak boleh memberikan uang ataupun barang lainnya di acara kampanye,” ungkapnya.

Sumanta menambahkan, Bawaslu Jateng sudah melakukan MoU kerjasama pengawasan dengan tingkat Pramuka tingkat Nasional.

“Siapa yang diawasi ? Yakni penyelenggara pemilu, peserta pemilu, Parpol dan calon pemilih,”bebernya.

Sementara itu, Khoirul Saleh, Ketua Bawaslu Jateng, mengatakan, kegiatan ini salah satu cara Bawaslu Demak untuk membentuk jaringan pengawasan pemilu partisipatif. Memberikan pembekalan kepada pemilih pemula tentang pengawasan, mulai preventif (pencegahan) partisipatif hingga penindakan.

” Pengawasan partisipatif itu penting, dalam rangka mengawal penyelenggaraan Pemilu, untuk menciptakan Pemilu yang berintegritas dan demokratis, ” kata Khoirul.