Tampilkan Kesenian Daerah, PMR Jateng Jawara Jumbara di Sulsel

SEMARANG, Mediajateng.net – Kontingen PMR (Palang Merah Remaja) PMI Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih peringkat I (pertama) dalam Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) Nasional PMR ke VIII yang dilaksanakan pada 25-31 Juli lalu di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan.
Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto mengatakan bahwa Jumbara merupakan ajang evaluasi pembinaan PMR yang diselenggarakan 4 (empat) tahun sekali oleh PMI Pusat.
“Kami sampaikan terimakasih kepada Gubernur Jawa Tengah atas dukungannya dan apresiasi kepada kontingen atas keberhasilannya memberikan yang terbaik untuk Jawa Tengah,” ujarnya saat menyambut kedatangan 76 orang anggota kontingen di Semarang.
Anggota kontingen merupakan utusan dari 35 PMI kabupaten yang terdiri dari PMR Mula (tingkkat SD/MI), Madya (tingkat SMP/MTs) dan Wira (SMA/SMK). “Sebanyak 43 anak PMR yang merupakan sukarelawan muda terpilih melalui seleksi di kabupaten-kotanya. Juga didampingi 11 pelatih dan 22 pendamping,” jelasnya.
Slamet Hariyanto, pelatih dari PMI Boyolali memaparkan, selama Jumbara selain unjuk ketrampilan, juga sebagai ajang mempererat persahabatan antar provinsi dengan memperkenalkan seni budaya. Pocil, podang-cilik dan kesenian topeng ireng, menjadi ikon kontingen Jateng. “Kontingen tidak hanya berkompetisi untuk mengumpulkan nilai, namun juga memperkenalkan budaya daerah. Kostum topeng ireng daan Pocil, menjadi salah satu favorit peserta dari provinsi lain saat foto selfie,” kata Slamet. (MJ-070)

Comments are closed.