DEMAK, Mediajateng.net – Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan para pemudik yang naik angkutan umum, Satlantas Polres Demak melakukan pengecekan terhadap bus yang melalui jalur Pantura Demak

Semua bus antar kota antar provinsi (AKAP), yang masuk terminal Bintoro Demak diperiksa secara seksama oleh petugas. Pengecekan itu meliputi kondisi ban dan rem, kelayakan mesin jika dibawa jarak jauh, kondisi lampu utama dan sein, sabuk pengaman serta alat pemecah kaca.

“Intinya segala aktifitas yang berkaitan dengan angkutan, itu yang kita cek. Kita upayakan angkutan mudik kondisinya sebaik mungkin,” kata Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar , Jumat (31/5/2019).

Menurutnya, pengecekan kendaraan mudik dilakukan sesuai dengan peraturan Kakorlantas Polri, yakni armada bus harus memiliki standar kelaikan.

“Dari hasil pengecekan jika ada kendaraan yang tidak laik jalan, maka kami sarankan jangan dipaksakan berjalan,” katanya.

Kasat Lantas Polres Demak AKP Eko Rubiyanto menambahkan,kegiatan pengecekan kendaraan ini dilaksanakan bersama Dishub Demak. Petugas yang terlibat dalam kegiatan pengecekan kendaraan tersebut langsung mendatangi terminal bus maupun ke PO Bus yang berada di Demak.

“Bagi armada bus yang lulus atau laik jalan, kami tempeli stiker. Kita berharap bus-bus yang layak jalan bisa mengangkut para penumpang dengan baik,” ujarnya.