KENDAL, Mediajateng.net –  Hujan deras yang mengguyur kendal sejak Rabu (28/09) dini hari mengakibatkan saluran di jalan pantura Sumberejo Kaliwungu meluap. Luapan air dari saluran tersebut menggenangi komplek Gudang Bulog Sumberejo Kaliwungu Kendal dan dua pabrik yang berada disebelahnya. Air juga menggenangi pemukiman warga di belakang gudang bulog ini. Beruntung beras yang disimpan di dalam gudang tidak ikut terendam namun aktivitas bongkar muat tersendat.

Air setinggi 50 centimeter ini menggenangi gudang  Rabu siang setelah sebelumnya diguyur hujan lebat. Air menggenangi komplek gudang yang berada di jalur pantura Sumberejo Kaliwungu ini dengan ketinggian antara 20 hingga 50 centimeter.

Namun demikian beras yang disimpan didalam gudang masih aman tidak ikut terendam karena bangunan sudah ditinggikan. Hanya saja aktivitas bongkar muat beras terganggu karena genangan di pintu gudang cukup tinggi.

Kepala Gudang Bulog Sumberejo, Noviyanto mengatakan hujan deras sejak rabu pagi menjadi penyebab banjir di komplek gudang ini. “Saluran air yang ada di depan gudang meluap karena pintu air ditutup,” katanya.

Pintu air ditutup karena mengantisipasi genangan di pemukiman warga. Air biasanya akan surut dalam jangka waktu lima jam setelah pintu dibuka, sedangkan beras yang disimpan di dalam gudang dikatakan masih aman tidak ikut terendam. “Kalau beras aman tidak ada yang terendam, khan bangunannya sudah tinggi. Hanya saja kantor air rembesan dari bawah aja,” imbuh Novianto.

Selain menggenangi komplek gudang bulog Sumberejo, air juga merendam dua pabrik rokok yang berada di sebelah gudang. Tidak ada aktivitas dari dalam pabrik karena air hampir menggenangi seluruh komplek pabrik.

Air juga mengenanggi jalan masuk ke kampung di Dukuh Sukong yang berada di belakang pabrik dan gudang. Namun demikian air tidak sampai masuk ke dalam rumah, hanya jalan masuk yang tergengang air dengan ketinggian mencapai 50 centimeter. (069)

Comments are closed.