SEMARANG, Mediajateng.net – Indikator keamanan, bukan saja bisa dilihat dari pagar rumah yang kokoh dan menjulang tinggi. Namun, banyaknya orang yang berkumpul di pos Keamanan Lingkungan (kamling) merupakan warna lain dari pelaksanaan pengamanan lingkungan.

“Kita berharap makin banyak orang yang berkumpul di Pos Kamling. Sekadar ngopi bareng,” ungkap Komandan Koramil Gunungpati Mayor Triyono, saat ditanya terkait pembangunan pos Kamling di Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Selasa (18/7).

Dengan berkumpul, komunikasi sosial yang selama ini hanya dilakukan melalui media sosial (medsos) maka bisa dilakukan dengan tatap muka. Bukan saja omong kosong, namun dengan masukan tetangga maka permasalahan yang rumit bisa dipecahkan.

Bahkan, permasalahan terkait kebangsaan sekalipun terkadang menjadi materi menarik untuk didiskusikan disela mengamati lingkungan.

“Tentu, semangat berkumpul itu hanya warga yang bisa lakukan. Kami hanya bisa sediakan fasilitas dan itu saja dengang mengecat dinding yang kusam dan menambal atap yang berlubang. Warna cerah bukan tanpa tujuan namun untuk membat suasana lebih menyenangkan,” harapnya. (Mj-030)