GROBOGAN, Mediajateng.net-

Teriakan dan desingan suara sepeda motor tiba-tiba hening saat polisi melakukan razia balap liar di Jalan R Suparpto, Purwodadi, Minggu (13/1/2018) dinihari.

Bukan karena tersadar akan resiko kecelakakan yang mengancam, hilangnya joki dari jalanan lantaran banyaknya pokisi yang ada di jalanan jelang pagi hari.

Operasi balap liar ini dilakukan sebab sudah cukup sering dikeluhkan masyarakat.

Razia yang dipimpin Kasat Lantas AKP Panji Gedhe Prabawa SH SIK, langsung menghadang dan mengejar pembalap liar yang beraksi.

Alhasil, sebanyak 9 motor yang tak memiliki kelengkapan berkendara. Kendaraan langsung digiring ke Mapolres Grobogan.

“Aktivitas balap liar di Jalan R Suprapto cukup mengganggu dan meresahkan warga. Sebelum meluas kita lakukan antisipasi dengan melakukan razia,” kata AKP Panji.

Aksi balap liar rata-rata dilakukan remaja usia sekolah itu memang menjadi momok bagi para pengguna jalan. Para pengguna jalan khawatir takut tersenggol ataupun tertabrak akibat dari aksi balap liar tersebut.

Bahkan, para pengguna jalan terkadang harus berhenti terlebih dahulu, sehingga keluar badan jalan untuk memilih menyelamatkan diri dengan menghindari aksi kebut-kebutan tersebut.
Namun aksi balap liar itu berhasil ditindak tegas oleh petugas gabugan dari Polres Grobogan yang datang ke lokasi.

Sejumlah pengendara motor juga tancap gas ke segala arah, demi lepas dari kejaran petugas.

“Aksi mereka memang sangat meresahkan pengguna jalan lainnya. Para pembalap liar ini seakan-akan tidak jera. Padahal sudah beberapa kali ada kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah ini dan menimpa para pembalap liar itu dengan pengguna jalan lainnya,” tegas Kasat Lantas.

Sementara pemuda-pemudi yang masih nongkrong di kawasan tersebut diimbau untuk membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing, sebab waktu sudah dini hari. Keberadaan pemuda-pemudi usia tanggung di tengah malam cukup rawan, sebab bisa saja mereka menjadi sasaran tindak kejahatan.

Untuk memberikan rasa aman dan tenteran kepada warga, kepolisian akan terus menggelar giat serupa agar kondisi di masyarakat kondusif. Pemberantasan aktivitas balap liar menjadi salah satu prioritas sebab selain mengganggu ketenangan masyarakat dengan suara bising motor, balap liar juga bisa mengancam keselamatan pelaku dan pengguna jalan lain sebab dilakukan di jalan umum.mj-Ag