Bakso dan Lagu Natal, Hangatnya Pertemuan Romo Robertus Rubiyatmoko dan Ganjar

Semarang, mediajateng.net – Lagu Selamat Hari Natal mengalun merdu di rumah Uskup Agung Semarang, Romo Robertus Rubiyatmoko, Sabtu (25/12). Para Suster begitu semangat menyanyikan lagu suka cita itu untuk menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar hari ini memang berkeliling ke sejumlah gereja di Kota Semarang. Selain memantau pelaksanan Natal di Gereja Alfa Omega dan Gereja Atmodirono Semarang, Ganjar menyempatkan bersilaturahmi ke kediaman Romo Rubiyatmoko di kawasan Gereja Katedral Semarang.

Saat tiba di Keuskupan Agung Semarang, Ganjar langsung disambut Romo Robertus Rubiyatmoko. Usai ngobrol sebentar, Ganjar kemudian diajak masuk ke ruangan untuk makan bersama

Menu yang disajikan adalah bakso, sukiyaki dan sate ayam. Ganjar, Romo Robertus Rubiyatmoko bersama Romo lain makan satu meja, sambil ngobrol bersama. Sesekali, Ganjar juga melempar candaan pada Suster-Suster yang ada di sana.

“Suaranya tadi bagus lho, latihan berapa lama? Itu kok rambutnya sama dengan saya, putih,” candanya disambut tawa ger-geran.

Romo Robertus Rubiyatmoko mengucapkan terimakasih pada Ganjar dan seluruh jajarannya. Sebab, pemerintah sudah begitu memberikan perhatian pada kesuksesan perayaan Natal tahun ini.

“Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi pak Ganjar dan jajaran TNI/Polri yang sungguh-sungguh memberikan perhatian pada perayaan Natal. Kami menilai pemerintah sangat luar biasa dalam bekerja dan kami mengucapkan terimakasih,” kata Romo Rubiyatmoko.

Romo juga mengucapkan terimakasih pada seluruh umat Kristiani yang telah melaksanakan ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ia berpesan agar umat tetap menjaga prokes demi kesehatan bersama.

“Selamat Natal dan Tahun Baru bagi seluruh umat Kristiani. Perayaan Natal kali ini cukup menggembirakan, karena kita bisa merayakan dengan tatap muka di gereja meski terbatas dan prokes ketat. Ini kesempatan yang sangat indah untuk kita bisa menyukuri rahmat Tuhan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ganjar mengatakan, perayaan Natal tahun ini di Jateng berjalan lancar. Sampai saat ini, semua kegiatan Natal berjalan lancar dan aman.

“Alhamdulillah sampai hari ini lancar karena persiapannya memang bagus. Prokesnya ketat dan ada Satgas yang mengawasi. Saya juga melihat umat semua ceria, karena dibanding tahun lalu, tahun ini lebih banyak umat yang bisa merayakan Natal ke gereja. Saya senang melihat semua umat bahagia,” katanya.

Disinggung terkait lonjakan pengunjung ke Jateng, Ganjar mengatakan belum ada lonjakan berarti. Hingga hari ini, arus kendaraan yang masuk ke Jateng tidak terlalu tinggi.

“Sampai hari ini aman, bagus. Lonjakan kendaraan yang masuk ke Jateng juga tidak terlalu tinggi, sehingga masih bisa dikontrol dengan baik. Saya dikirimi video kendaraan yang masuk pintu tol tidak terlalu banyak. So far kondisi masih bagus, mudah-mudahan semua bisa menjaga dengan baik, tidak hanya di gereja, tapi juga di mall, tempat wisata dan tempat keramaian semua harus taat protokol kesehatan,” ucapnya. (MJ/50)