Anggota Babinsa saat terlibat dalam pembangunan rumah warga. Foto : Dokumen Kodim 0733 BS Semarang

SEMARANG, Mediajateng.net – Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai kepanjangan tangan Komando Teritorial atau kewilayahan memiliki tugas dan fungsi sebagai pembina desa dalam rangka pertahanan sipil menjaga iklim kondusif pertahanan dan keamanan wilayah.

Tidak saja menjadi petugas pengawal keamanan secara langsung, namun kedekatan dan komunikadi dengan warga juga menjadi bagian dari tugas.

Komandan Kodim 0733 BS Semarang Letkol Kav Zubaedi melalui Pasi Teritorialnya Mayor Inf Susanto, M (3/3/2019) menekankan Babinsa harus dekat dan menyatu dengan masyarakat di lingkungan tugasnya.

Komunikasi yang baik antara anggota dalam hal ini Babinsa diharapkan makin memupuk rasa kecintaan terhadap negara.

Tujuannya mendampingi dan mengayomi masyarakat, agar pada saat rakyat mendapati kesulitan bisa menjadi kepanjangan tangan Tuhan untuk membantu memgatasi kesulitan.

Selain itu, kata Mayor Susanto Babinsa juga perlu membangun Jaring Babinsa atau kemitraan dengan masyarakat. Melalui kemitraan Babinsa setidaknya bisa membantu dalam hal informasi kendala maupun gangguan yang sedang dihadapi masyarakat.

Di wilayah Kodim 0733 BS Semarang, jaring Babinsa sudah terbentuk hampir menyeluruh di setiap pelosok desa atau kelurahan.

Sersan Satu (Sertu) Surata, Babinsa Kelurahan Kalipancur mengaku kini masyarakat sangat antusias bekerjasama dengan aparat TNi. Terlebih saat aparat Babinsa diperintah Dandim agar selalu berada di wilayah masing-masing untuk menyatu agar mudah membantu masyarakat. Hal ini sangat terasa ketika terjadi gangguan keamanan lingkungan maupun alam.50/mj