DEMAK, Mediajateng.net – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Demak, menggelar Festival Kuliner Demak. Acara yang di pusatkan di Stadion Pancasila Demak itu, diikuti puluhan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Demak.

Beragam produk olahan karya pelaku kuliner Demak di pamerkan dalam festival tersebut.

“Ada 70 stand yang memamerkan produk unggulan mereka,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Demak, Siti Zuarin, Senin (14/5/2018).

Festival kuliner berlangsung selama tiga hari mulai Senin (14/5/2018) hingga Rabu (16/5/2018). Para pengunjung dapat menikmati berbagai sajian kuliner yang dibuka mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.

Festival kuliner merupakan salah satu upaya Pemkab Demak, memperkenalkan produk olahan makanan dan minuman yang ada di Demak.

“Acara ini sekaligus sebagai ajang promosi produk kuliner Demak,” ujarnya.

Melalui festival ini, para pecinta kuliner akan berbagai macam produk kreasi kuliner lokal, yang ada di Demak seperti Witela, minuman sari belimbing, aneka snack dan kue serta produk olahan laut.

“Saat ini, kuliner merupakan bisnis yang sedang berkembang di Indonesia. Munculnya berbagai makanan yang unik dan menarik serta tren gaya hidup masyarakat menjadi bukti bahwa sektor kuliner berkembang dengan pesat”, ungkap Zuarin.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto, Sekda Demak, Singgih Setyono dan sejumlah pejabat Demak, dibuka langsung oleh Bupati Demak, M Natsir.

“Banyak makanan enak disini, tentunya tidak gratis, harus bayar lho,” kata Bupati Natsir yang disambut tawa oleh hadirin.

Bupati Natsir berpesan agar para pelaku kuliner yang juga menjadi peserta pada festival kuliner ini, untuk selalu bersemangat dan lebih serius dalam menjalankan bisnis usaha kuliner yang digelutinya.

”Berikan, tunjukkan, dan sajikan produk kuliner saudaraku semua, baik makanan berat maupun camilan ringan dengan harga bersaing dan enak. Beri nama-nama yang menarik, sehingga para pecinta kuliner akan penasaran untuk mencicipi, mencoba kemudian berbondong-bondong memborongnya,” ujarnya.

”Lakukan promosi baik melalui kegiatan semacam ini (festival kuliner) maupun melalui media sosial. Foto-foto makanan yang menarik, tentunya akan menggugah selera para pecinta kuliner untuk mencobanya,” pungkasnya.

Selain bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner, para pengunjung yang datang di acara festival kuliner Demak, akan dihibur dengan berbagai macam atraksi kesenian.