ASN Setda Ikuti Capacity Building Membangun Pola Pikir Dan Budaya Kerja

Banyumas, mediajateng.net – Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono memotivasi ASN dilingkungan Sekretaris Daerah, untuk terus berinovasi meningkatkan kemampuan serta membangun pola pikir dan budaya kerja untuk memberi pelayanan terbaik dan bekerja didasari niat untuk kesejahteraan masyarakat Banyumas. Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber Capcity Building Rabu (15/12/2021) didsalah satu Hotel di Purwokerto. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan ASN yang berortientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaftif dan kolaboratif (BerAKLAK).

Menurut Sekda, ASN Banyumas secara umum telah melakukan kegiatan tersebut, hal tersebut dengan dirainya berbagai prestasi yang diraih hampir semua OPD di Banyumas. Hal tersebut menunjukan ASN Banyumas telah berkerja dengan cukup baik.

“Untuk bisa menjadi ASN yang BerAKLAK, maka niati bekerja sebagai ibadah, Nawaitunya Ibadah, bukan yang lain. Dengan Nawaitu beribadah maka kita akan mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan cermat. Kalau pekerjaan yang bisa dikerjakan hari ini, jangan tunda hari esok. Kalo pekerjaan bisa dikerjakan sekarang mengapa harus menunggu nanti,” katanya mengingatkan

Untuk itu semua ASN harus membangun pola pikir dan membangun bidaya kerja yang baik, sehingga ASN menjadi pribadi yang berkualitas dan berintegritas, dewasa, komitmen, pantang menyerah, independen dan memiliki kompetensi dengan mempunyai keterampilan teknis, pendidikan, pengetahuan dan pengalaman. Sekda mengajak semua ASN memiliki komitmen sendiri terhadap SOP dan Tupoksinya.

“Perubahan tidak akan terjadi jika tidak dimulai dari diri sendiri dan dorongan orang-orang sekitar,” tambahnya.

Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bagian Organisasi dan Kepala Bagian Umum yang telah menginisiasi pertemuan diluar kantor.

“Ternyata suasana berbeda, dengan susana kantor. Semua dengan seirus mendengarkan, semua terlihat senyum ceria meski tertutup masker. Terkadang kita perlu suasana lain untuk membangun kebersamaan,” tambahnya.

Sekda menegaskan pengembangan budaya kerja yaitu dengan meningkatkan kinerja dalam pemberian pelayanan publik yang efektif dan efisien dapat dilakukan melalui perubahan sikap dan perilaku aparatur yang jujur, disiplin, professional, bertanggung jawab, dan produktif. Ia juga berpesan agar semua ASN mengenal teknologi dan memanfaatkan tehnologi secara bijak.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dan meningkatnya komitmen seluruh pegawai dilingkungan Setda dalam membangun budaya kerja, dan terjadi perubahan pola pikir dan budaya kerja, serta dapat meningkatkan pelayanan prima serta dapat meningkatkan performa penampilan para pegawai secara maksimal,” pungkasnya. (MJ/50)